17 May 2024

Bagaimana Cara Atasi Kulit Belang Akibat Cuaca Panas Ekstrem?

Foto: Getty Images/iStockphoto/Pheelings Media

Cuaca panas akibat teriknya sinar matahari bukan cuma mengganggu aktivitas. Paparan sinar UV terus menerus juga bisa berpengaruh ke kulit wajah.

Seringkali seseorang yang sering beraktivitas di luar ruangan akan mengalami masalah hiperpigmentasi atau warna kulit yang tidak merata akibat terpapar sinar matahari. Meski tidak mengganggu, kondisi ini biasanya jadi bikin nggak percaya diri.

Hiperpigmentasi atau ketidakmerataan warna kulit, bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Paparan sinar matahari berlebih tanpa perlindungan yang memadai, perubahan hormonal, atau bahkan reaksi alergi dapat menjadi pemicu utama. Tidak hanya itu, proses alami penuaan kulit juga dapat berkontribusi pada munculnya hiperpigmentasi.

"Tidak hanya masalah skin care, tapi juga perlu perawatan medis yang tepat untuk menyamarkan warna kulit yang tidak merata," kata dr Amanda Rahmania dari Surface Skin Habit kepada detikcom, Selasa (14/5/2024).

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyamarkan warna kulit seperti termasuk menggunakan produk AHA atau BHA, Vitamin C, Glutathione, niacinamide, sampai perawatan medis seperti laser, rejuvenasi, dan injeksi kecantikan.

Tindakan medis yang bisa dilakukan untuk menyamarkan belang di wajah yang disarankan dr Amanda di antarnya:
  • Brighten & Toning Laser: Menggunakan teknologi laser terbaru yang sangat selektif dalam menargetkan pigmentasi yang tidak diinginkan tanpa merusak jaringan kulit normal.
  • IPL Rejuvenation: Perawatan non-invasif dengan menggunakan cahaya tertentu untuk mengatasi masalah-masalah warna kulit tidak rata dan melasma epidermal.
  • Salmon DNA: Perawatan dengan penyuntikan asam hylarunic dan molekul DNA yang dapat mengatasi flek, mencegah penuaan dini, dan mengatasi kulit kering.
  • Chemical Peel Face: Menggunakan bahan kimia untuk mengelupas lapisan terluar kulit dan menampilkan lapisan kulit yang lebih muda dan cerah.
  • Radiance Reveal Complex: Memperbaiki tekstur dan warna kulit dengan mencegah produksi melanin, menghasilkan kulit yang cerah dan segar


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kulit Wajah Belang gegara Cuaca Panas Bikin Nggak Pede? Begini Mengatasinya"