19 May 2024

Beberapa Buah Berikut Ini Bisa Redakan Asam Lambung Naik

Ilustrasi buah untuk asam lambung. (Foto: Shutterstock)

Seseorang yang mengidap penyakit asam lambung maupun GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi, termasuk buah-buahan. Sebab, beberapa jenis buah-buahan bisa memicu kekambuhan dari kondisi tersebut.

Asam lambung sebenarnya bukan sebuah penyakit, melainkan sejenis cairan asam yang normalnya diproduksi oleh lapisan lambung. Dikutip dari Healthline, cairan asam lambung berwujud encer dan tidak berwarna, serta berfungsi untuk memecah makanan agar lebih mudah dicerna. Cairan asam yang diproduksi lambung itu dikenal juga dengan nama asam klorida (HCl).

Produksi cairan asam lambung yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan seperti acid reflux maupun GERD. Kondisi inilah yang oleh orang awam kerap disebut penyakit asam lambung atau asam lambung naik.

Kabar baiknya, mengonsumsi buah-buahan tertentu dapat meredakan asam lambung naik. Lantas, apa saja buah-buahan untuk asam lambung naik tersebut? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Pisang
Pisang adalah salah satu buah yang dapat membantu mengatasi asam lambung naik. Dikutip dari Health, pisang memiliki pH yang tinggi, sehingga bersifat basa atau rendah asam. Buah yang bersifat basa dapat membantu menetralisir cairan asam di lambung dengan cara melindungi lapisan esofagus yang teriritasi.

Selain itu, pisang juga mengandung serat larut bernama pektin. Senyawa ini dapat membantu menjaga makanan mengalir dengan baik melalui sistem pencernaan.

2. Buah beri
Buah beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry juga memiliki kandungan asam yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh pengidap acid reflux. Tak hanya itu, buah beri juga kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi produksi cairan asam klorida di lambung, sehingga mencegah asam lambung naik.

3. Pepaya
Pepaya mengandung enzim bernama papain yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, enzim papain juga membantu mempermudah proses penguraian protein menjadi asam amino.

Pepaya juga memiliki tingkat keasaman yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang mengidap penyakit asam lambung.

4. Kelapa
Kelapa termasuk buah yang memiliki pH tinggi. Artinya, kelapa memiliki tingkat asam yang rendah, sehingga aman dikonsumsi pengidap acid reflux.

Kelapa juga mengandung kalium yang dapat membantu menyeimbangkan pH dalam tubuh, yang penting dalam mengelola acid reflux.

5. Melon
Karena memiliki kadar asam yang rendah, melon juga termasuk ke dalam buah yang aman untuk pengidap acid reflux. Sama seperti kelapa, melon juga mengandung kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.

Selain itu, melon juga mengandung antioksidan yang berperan penting dalam mencegah peradangan serta menjaga kesehatan kardiovaskular.

6. Apel
Apel juga menjadi salah satu buah yang diyakini dapat mengatasi gejala asam lambung naik karena mengandung serat, kalium, dan magnesium. Namun, hindari mengonsumsi apel hijau karena jenis ini memiliki rasa yang cenderung asam, sehingga berpotensi memicu gejala acid reflux.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Pilihan Buah yang Bisa Redakan Asam Lambung Naik, Pepaya hingga Melon"