30 May 2024

Beberapa Jenis Tanaman Herbal yang Menunjang Kesehatan Otak

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Tanaman sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Di luar itu, terdapat pula beberapa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak loh.

Beberapa tanaman memang sudah secara turun temurun digunakan sebagai obat alami. Misalnya kunyit untuk mengatasi masalah pencernaan, daun sirih untuk meredakan mata merah, daun kumis kucing untuk menurunkan gula darah, dan lain sebagainya.

Namun, manfaat tanaman ternyata tidak hanya sebatas kesehatan fisik saja. Sebab, beberapa herbal juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak, seperti kognitif, daya ingat, hingga menurunkan risiko gangguan kesehatan otak, seperti demensia dan alzheimer.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut herbal yang dapat menunjang kesehatan otak dan membuatnya makin 'encer'.

1. Kunyit
Seperti yang disebutkan sebelumnya, kunyit sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain khasiat tersebut, bumbu dapur ini ternyata juga punya manfaat yang tak kalah penting untuk otak.

Kunyit mengandung senyawa bernama curcumin, sejenis antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk otak, mulai dari meningkatkan produksi serotonin dan dopamin, mengurangi peradangan, hingga mendukung mendukung perkembangan struktural dan fungsional otak seiring input lingkungan.

Sebuah penelitian juga menyebutkan curcumin memiliki potensi untuk melindungi dari risiko alzheimer yang muncul seiring pertambahan usia.

2. Ginseng
Ginseng merupakan salah satu herbal yang dapat membantu meningkatkan kemampuan daya ingat otak. Tak hanya itu, tanaman ini juga mencegah penurunan daya ingat yang disebabkan oleh pertambahan usia.

Khasiat ini berasal dari senyawa ginsenosides yang terkandung pada ginseng. Sebuah studi pada 2018 pun menemukan ginsenosides dapat mengurangi tingkat beta amiloid yang bisa menyebabkan penurunan kognitif otak.

3. Ginkgo biloba
Tanaman yang sudah digunakan secara turun temurun dalam pengobatan tradisional China ini memiliki khasiat yang luar biasa dalam menunjang kesehatan dan kecerdasan otak.

Ginkgo biloba diyakini dapat merangsang dan melancarkan sirkulasi darah menuju otak. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan tanaman ini dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang yang mengidap alzheimer atau gangguan kognitif otak.

4. Rosemary
Rosemary adalah herbal yang kerap digunakan untuk memperkaya cita rasa hidangan steak. Namun menurut pakar nutrisi Harvard dr Uma Naidoo, MD, rosemary juga memiliki khasiat untuk otak yang sayang untuk dilewatkan.

Dikutip dari Hola, Naidoo mengatakan rosemary dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan daya ingat. Tak hanya itu, tanaman tersebut juga mampu mengurangi tingkat stres, serta mencegah penurunan fungsi kognitif yang dipicu pertambahan usia.

5. Peppermint
Sejumlah penelitian mengungkapkan peppermint memiliki manfaat positif untuk otak. Bahkan, menghirup aroma minyak esensial yang terbuat dari tanaman ini juga disebut dapat meningkatkan fungsi otak.

Sebuah studi yang dilakukan kepada 144 orang dewasa muda menunjukkan bahwa menghirup aroma minyak peppermint selama lima menit sebelum tes dapat meningkatkan kemampuan daya ingat secara signifikan.

Sementara itu, studi lain menemukan aroma minyak peppermint dapat meningkatkan kewaspadaan, serta mengurangi frustrasi, ansietas, dan kelelahan.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Tanaman Ini Bisa Bikin Otak Sehat dan Cerdas, Ada Kunyit dan Ginseng"