29 May 2024

Benarkah Ramuan Jeruk Nipis dan Kecap Ampuh Redakan Batuk? Ini Kata Pakar

Ilustrasi batuk. (Foto: Dok. Shutterstock)

Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas. Ada banyak jenis obat yang sering digunakan masyarakat salah satunya ramuan tradisional campuran jeruk nipis dan kecap manis.

Sebenarnya apakah campuran tersebut memang efektif untuk meredakan batuk yang membandel? Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania mengatakan ramuan tersebut memang bisa membantu meredakan batuk.

Selain itu, dr Inggrid juga menyebut penambahan bahan kencur pada ramuan tersebut dapat membantu meningkatkan manfaatnya.

"Jadi kan biasanya secara tradisional itu kecap, jeruk nipis, sama kencur. Itu akan lebih bagus. Apalagi kalau kita batuknya lumayan mengganggu ya, jadi ditambahkan kencur," ujar dr Inggrid ketika ditemui detikcom di RSUD Tamansari, Jakarta Barat, Senin (27/5/2024).

dr Inggrid menjelaskan kencur yang digunakan bermanfaat untuk membantu meredakan batuk serta meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis juga cukup tinggi sehingga sangat baik untuk proses meredakan batuk.

"Terus kalau kecapnya memang karena dia kan kental ya, kental dan sifatnya bisa melapisi tenggorokan yang meradang, lapisan mukosa istilahnya. Itu bisa membantu peradangan karena konsistensi yang kental itu," jelasnya.

Jika tidak ingin menggunakan kecap sebagai bahan ramuan obat batuk, dr Inggrid menyarankan bahan lain seperti madu murni yang memiliki konsistensi seperti kecap. Selain itu, madu sudah sejak lama terbukti memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh.

"Kecapnya diganti dengan madu yang kental juga boleh. Bahkan lebih bagus madu, jadi dicampur sama kencur dan jeruk nipis itu tadi," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ramuan Jeruk Nipis dan Kecap Ampuh Atasi Batuk, Mitos atau Fakta? Begini Kata Pakar"