26 May 2024

Final Piala FA: Man City Vs MU Berakhir 1-2, Setan Merah Juara

Foto: The FA via Getty Images/Ben Hoskins - The FA

Manchester United berhasil mengalahkan Manchester City 2-1. Hasil itu mengantarkan The Red Devils juara Piala FA 2023/2024.

Man City vs Man United berlangsung di Wembley Stadium, Sabtu (25/5/2024) malam WIB. Meski banyak ditekan, MU mampu memimpin 2-0 di babak pertama lewat Alejandro Garnacho dan Kobbie Mainoo.

City mampu memperkecil skor menjadi 1-2 di babak kedua pada menit ke-87 lewat Jeremy Doku. Di sisi lain, MU mampu menjaga gawangnya untuk tidak kebobolan lagi dan kemudian menjadi juara.

MU menambah jumlah juara Piala FA menjadi 13. Mereka cuma kalah dari Arsenal yang mencatatkan 14 kali juara.

Man City harus mengubur harapannya sebagai tim pertama yang mampu mengawinkan gelar Premier League dan Piala FA selama dua musim beruntun. Total juara City di Piala FA masih tetap tujuh kali.

Jalannya Pertandingan

Pasukan Pep Guardiola mengambil dominasi penguasaan bola selama laga berjalan lima menit.

MU justru bermain lebih sabar dan mendapatkan momen di menit kedelapan. Ada percobaan dari Alejandro Garnacho yang masih tepat mengarah ke Stefan Ortega.

Man City sangat kesulitan mengancam gawang MU. Pasukan Erik ten Hag bertahan dengan menumpuk pemain di kotak penalti.

Man United memimpin 1-0 di menit ke-30 lewat Garnacho. Gol itu didapat akibat kesalahan koordinasi antara Josko Gvardiol dan Ortega, yang membuat Garnacho dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Man City harus berhati-hati dengan menerapkan garis pertahanan yang tinggi. Di menit ke-37, MU sempat mencetak gol, namun dianulir karena offside.

MU memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-39. Skema serangan balik Setan Merah dituntaskan oleh Kobbie Mainoo.

Tak ada gol balasan dari The Citizens sampai turun minum. MU pun memimpin 2-0 di babak pertama.

MU bermain lebih baik di lima menit awal babak kedua. The Red Devils cukup sip dalam melakukan pressing dan sempat mengancam lewat serangan balik.

Man City hampir mencetak gol di menit ke-54. Ada bola tembakan Erling Haaland yang mengenai mistar gawang.

Peluang kembali dilewatkan Man City. Tembakan mendatar Julian Alvarez di menit ke-64 masih melebar tipis di sisi gawang.

Andre Onana bikin penyelamatan di menit ke-76. Dia menepis bola tembakan keras mendatar dari Kyle Walker.

Man City memperkecil skor menjadi 1-2 di menit ke-87. Jeremy Doku mencetak gol setelah bola tembakannya dari luar kotak penalti ke aras pojok bawah gawang tak mampu dibendung Onana.

Tak ada gol lagi di sisa waktu. MU pun menjadi juara Piala FA.

Susunan Pemain

Man City: Ortega; Walker, Stones, Ake (Akanji 46'), Gvardiol; Rodri, Kovacic (Doku 46'); Bernardo Silva, De Bruyne (Alvarez 56'), Foden; Haaland.

Man Utd: Onana; Wan-Bissaka, Varane, Martinez (Evans 73'), Dalot; Amrabat, Mainoo; Garnacho (Mount 90', McTominay (Lindelof 90'), Rasford (Hojlund 73'); Fernandes.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Vs MU: Menang 2-1, Setan Merah Juara Piala FA"