11 May 2024

Ini Kata Warga Filipina: Suhu Ruangan Bagaikan Oven

Cuaca panas di Filipina. (Foto: REUTERS/Lisa Marie David)

Cuaca panas ekstrem belakangan melanda wilayah Asia Selatan dan Tenggara, salah satunya Filipina. Kondisi ini membuat banyak sekolah terpaksa harus ditutup.

Hal ini dialami seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Manuel Roxas di Manila, KC Libre. Siswa 15 tahun itu menyebut cuaca ekstrem ini membuatnya terpaksa harus belajar di rumah.

"Ini pertama kalinya kelas kami tak sekolah karena cuaca panas," kata Libre yang dikutip dari The Guardian.

"Kelas saya memiliki 47 siswa. Ruangannya sangat panas meski sudah dipasangi kipas angin listri. Biasanya hanya dua kipas angin listrik yang dinyalakan karena kipas langit-langit di beberapa ruangan rusak," tuturnya.

Libre mengungkapkan cuaca di Filipina saat ini sangat panas hingga membuatnya sulit fokus saat belajar. Suhu yang panas itu bahkan terasa di rumahnya yang tidak memiliki penyejuk ruangan.

Akibatnya, Libre memilih mengerjakan tugas sekolah saat malam hari karena suhunya tidak sepanas siang. Ketika pagi, suhunya kembali sangat panas.

"Udara yang berasal dari kipas listrik sangat panas. Panasnya seperti di dalam oven," ungkap dia.

Kondisi yang sama juga terjadi di Thailand. Seorang petani di Provinsi Phincit, Thailand, Sae Klomkamnerd (63), terpaksa harus menjual 5.200 beberknya karena berhenti bertelur imbas panas yang ekstrem.

Klomkamnerd mengatakan harus mengambil air tanah saat siang demi mengisi dan mendinginkan kolam bebek. Namun, usahanya sia-sia karena air kolam tetap terasa panas.

"Airnya masih terlalu panas. Setelah 9 atau 10 jam, airnya jadi panas dan bebek-bebek tak mau masuk lagi. Mereka pergi ke tempat teduh dan bersembunyi di bawah pohon,"

Dia mengungkapkan biasanya 80-90 persen itik muda bakal bertelur di waktu-waktu ini. Namun, karena cuaca yang begitu panas, produksi telur itik jadi 60-50 persen.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pengakuan Warga soal Cuaca Panas yang Melanda Filipina: Suhu Ruangan Bak Oven"