08 May 2024

Kisah Wanita yang Idap Diabetes di Usia 32, Gula Darahnya Capai 250

Wanita kena diabetes di usia muda (Foto: @hi.resya/TikTok)

Viral seorang wanita menceritakan kisahnya yang mengidap diabetes di usia muda. Dia menduga penyakit diabetes yang diidapnya bermula dari kebiasaan jajan sembarangan dan berlebihan mengonsumsi makanan manis.

Resya Paulina (33) mulai menyadari kondisi kesehatannya terganggu saat umurnya 32 tahun. Setelah melakukan pemeriksaan, ternyata gula darahnya termasuk tinggi sampai menyentuh angka 252 mg/dL.

Dalam video yang diunggah di akun TikToknya yang sudah dilihat lebih dari 3 juta pengguna, Resya menceritakan dia mulai menjalani pola hidup tak sehat karena selalu mengira kadar gula darahnya cenderung rendah. Gemar konsumsi minuman manis dan makan berlebihan diduganya menyebabkan gula darahnya tinggi.

"Misalnya pagi-pagi di depan kantor aku ada starling, aku pesen. Terus siangnya habis bikin konten di luar, aku beli di Indomaret jajannya manis-manis juga. Terus malamnya sambil beli makan malam, beli juga minuman-minuman manis buat nemenin makan malam. Porsi makan juga berlebihan," terangnya saat berbincang dengan detikcom, Selasa (7/5/2024).

Gejala diabetes yang ia rasakan berlangsung selama satu setengah bulan. Awalnya ia merasa aneh dengan luka eksim nya yang tak kunjung sembuh, lalu diiringi dengan gejala diabetes pada umumnya seperti haus dan buang air kecil secara terus menerus di malam hari. Penglihatannya juga kabur serta pusing berkepanjangan.

Namun, Resya masih tidak menghiraukan gejala tersebut sampai akhirnya ia mengalami pusing yang tak tertahankan, saat itu lah ia memutuskan untuk cek kadar gula.

"Kepala aku udah ga ketolong sakitnya kayak udah migren banget dan akhirnya lagi ada alat tes gula darah, mamanya pacarku dan aku iseng ngecek ternyata sudah 200 lebih," kenangnya.

Untuk memperkuat diagnosis, ia memeriksa kadar gula puasa dan melakukan tes HBA1C untuk mengetahui kadar gula selama 3 bulan terakhir. Hasil tes HBA1C berada di angka 8.5 yang menandakan bahwa ternyata Resya merupakan pengidap diabetes.

Mengetahui gula darahnya tinggi, Resya akhirnya mengubah pola hidupnya untuk mengontrol diabetesnya. Salah satu yang disarankan dokter adalah menurunkan berat badannya. Dia juga sempat rutin mengonsumsi obat diabetes untuk menstabilkan gula darahnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Wanita Kena Diabetes di Umur 32, Gula Darahnya 'Nanjak' di Angka 250"