01 May 2024

Obat Sakit Gigi yang Mudah Ditemukan Disekitar Rumah

Ilustrasi sakit gigi. Foto: Shutterstock

Sakit gigi merupakan salah satu masalah mulut yang nyerinya sangat menyiksa. Jika tidak segera diobati, sakit gigi tentunya akan menyebabkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas sehari-hari, terutama ketika makan dan berbicara.

Kebanyakan orang biasa mengonsumsi obat pereda nyeri sebagai solusi cepat menyembuhkan sakit gigi. Tetapi sebenarnya ada banyak alternatif obat sakit gigi alami yang bisa dibuat dari bahan yang tersedia di rumah. Berikut pembahasannya.

13 Obat Sakit Gigi Alami

Dikutip dari situs Verywellhealth dan askthedentist, berikut 13 obat sakit gigi alami ampuh yang bisa dibuat sendiri di rumah:

1. Minyak Cengkeh (Clove Oil)
Cengkeh atau clove merupakan jenis rempah dengan kandungan aktif eugenol yang bersifat sebagai penambal sementara untuk gigi. Begini tata cara mengobati gigi menggunakan minyak cengkeh:
  • Campurkan 3-5 tetes minyak cengkeh dengan 1 sendok teh minyak zaitun
  • Oleskan minyak ke bagian gusi yang terasa sakit dengan kapas lembut
  • Tempelkan kapas selama beberapa menit agar minyak menyerap ke gusi
  • Oleskan minyak pada gusi setiap 2-3 jam sekali untuk meredakan nyeri gigi.
2. Bawang Putih
Kandungan allicin dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang manjur mengatasi berbagai masalah gigi. Kamu bisa menghaluskan bawang putih secukupnya dan ditempel di gusi untuk menghilangkan nyeri.

3. Teh Peppermint
Daun peppermint mengandung sifat antibakteri yang manjur mencegah infeksi di gigi. Kalau sedang dilanda sakit gigi, kamu bisa mengatasinya dengan kumur teh peppermint atau bisa juga mengompres gigi pakai kantong teh selama beberapa menit.

4. Kunyit
Senyawa aktif kurkumin pada kunyit bersifat anti inflamasi, sehingga bermanfaat sebagai obat sakit gigi alami. Radang atau pembengkakan gigi bisa disembuhkan dengan pasta kunyit, gel, atau produk obat kumur kunyit.

5. Baking Soda
Bahan pengembang kue ini ternyata juga mengandung sifat antiinflamasi dan antibakteri. Campurkan air hangat dan 2 sendok teh soda, lalu kumur selama 30 detik dan buang, sakit gigi perlahan akan reda.

6. Air Garam
Selain kumur air baking soda, kumur air garam juga menjadi solusi paling cepat dan simpel untuk mengobati sakit gigi. Cukup campurkan setengah sendok makan garam dan air hangat, lalu kumur deh selama 30-60 detik. Ulangi hingga 4-5 kali tiap hari bila diperlukan.

7. Kayu Manis
Beberapa penelitian menemukan bahwa kayu manis mampu mencegah gigi berlubang dan meminimalisir risiko infeksi jamur. Kamu bisa coba mengunyah atau menghisap batang kayu manis. Cara kedua yaitu mencampurkan 1 sendok teh kayu manis dengan 5 sendok teh madu kemudian dioles di area yang sakit.

8. Minyak Kelapa
Jenis minyak lainnya yang berkhasiat mengobati sakit gigi adalah minyak kelapa. Mengusapkan satu sendok makan minyak kelapa ke mulut selama 10-20 menit dipercaya dapat mengurangi bakteri di mulut.

9. Madu
Madu ataupun cairan propolis mengandung sifat antimikroba dan anti inflamasi yang mujarab meredakan sakit gigi. Obat alami ini bisa langsung dioleskan pada bagian gigi atau gusi yang terasa sakit.

10. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)
Tea tree oil dikenal efektif untuk menghilangkan rasa sakit sekaligus menyembuhkan infeksi. Cukup oleskan beberapa tetes tea tree oil dengan kapas untuk meredakan sakit gigi.

11. Jahe
Sejumlah penelitian menyebutkan bubuk jahe bekerja secara efektif untuk meredakan nyeri mulut, khususnya nyeri cabut gigi. Bubuk jahe kering bisa jadi alternatif selain ibuprofen untuk meredakan rasa sakit.

12. Kompres Dingin
Alternatif berikutnya untuk meredakan bengkak akibat sakit gigi yaitu dengan cara kompres dingin. Cara membuatnya sangat mudah, cukup masukkan es dalam kantong atau bungkus dengan kain tipis dan kompreskan deh ke gigi.

13. Daun Jambu Biji
Terakhir, beberapa studi merekomendasikan daun jambu biji untuk meredakan rasa sakit dan mematikan bakteri penyebab gigi berlubang. Untuk mengobati sakit gigi, kamu dapat langsung mengunyah daun jambu biji atau direbus lebih dulu lalu dikumur.

Itu dia 13 obat sakit gigi alami yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Perlu bahan alami dalam tulisan ini tidak sepenuhnya mengatasi sakit gigi. Namun membuatnya lebih ringan, sehingga bisa ke dokter gigi.

Selain itu, penanganan dengan bahan alami di tulisan ini hanya berlaku untuk meredakan sakit gigi ringan. Jika sakit gigi tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter gigi, ya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "13 Obat Sakit Gigi Alami dari Bahan yang Ada di Rumah"