19 May 2024

Phil Foden Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Premier League 2023/24

Phil Foden. Foto: REUTERS/David Klein

Phil Foden dinobatkan sebagai pemain terbaik Premier League 2023/24. Gelandang Manchester City itu memang tampil memukau sepanjang musim ini.

"Memenangkan penghargaan ini merupakan pencapaian yang amat saya banggakan," kata Foden, dikutip BBC, Sabtu (18/5/2024).

"Premier League diakui sebagai liga terbaik di dunia, dan merupakan suatu kebanggaan bisa dinominasikan bersama begitu banyak pemain hebat lainnya yang semuanya menjalani musim spesial bersama klub mereka."

"Secara keseluruhan, saya amat gembira dengan cara saya bermain musim ini dan sungguh senang bisa berkontribusi melalui gol dan asis sepanjang musim ini."

"Saya ingin berterima kasih kepada seluruh staf City, pelatih, dan terutama rekan satu tim karena tanpa mereka hal ini takkan mungkin terjadi. Dan saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada semua orang yang telah memilih saya karena penghargaan ini berarti banyak," tegas Foden.

Musim ini, Foden tampil menjadi andalan manajer Pep Guardiola. Ia tampil dalam 34 laga, 32 di antaranya sebagai starter dan mencetak 17 gol serta delapan asis. Hanya Erling Haaland (27) yang mencetak lebih banyak gol darinya di Liga Inggris untuk City.

Foden hanya absen tiga kali di Premier League musim ini, dua di antaranya karena diistirahatkan jelang menghadapi Real Madrid di Liga Champions. Ia hampir pasti akan dimainkan dalam laga melawan West Ham United di pekan terakhir demi mengamankan titel juara keempat kalinya secara beruntun.

Pada awal Mei ini, Foden sudah lebih dulu dinobatkan sebagai pemain terbaik Premier League musim ini versi jurnalis sepakbola Inggris. Ia mengalahkan rekan setimnya, Rodri dengan meraih suara terbanyak, yakni 42 persen.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Phil Foden Pemain Terbaik Premier League 2023/24"