13 May 2024

Sering Minum Kopi Tiap Pagi Bisa Atasi Kematian Dini

Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Hidup sehat dan panjang umur adalah impian dari banyak orang. Ada beragam cara yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, mulai dari menjaga pola makan, menghindari rokok, rajin berolahraga, dan lain sebagainya.

Selain hal-hal tersebut, sebagian orang juga percaya rutin minum kopi dapat memperpanjang umur. Tapi, apakah benar kopi bisa bikin panjang umur?

Faktanya, sejumlah penelitian memang menganalisa kaitan antara kopi dan panjang umur. Dikutip dari New York Presbyterian, orang yang rutin mengonsumsi kopi setiap hari memang memiliki risiko kematian dini yang lebih rendah dibanding mereka yang jarang mengonsumsi minuman tersebut.

Namun berbeda dengan apa yang diyakini orang-orang, khasiat kopi untuk memperpanjang umur bukan hanya berasal dari kafein, melainkan senyawa lain yang terkandung pada kopi, seperti antioksidan dan lainnya.

Lantas, apa alasan rutin minum kopi bisa bikin panjang umur? Dikutip dari berbagai sumber, berikut informasinya.

1. Melindungi dari Penyakit Jantung
Penyakit jantung adalah salah penyebab kematian tertinggi di dunia. Kabar baiknya, orang yang rutin minum kopi dapat terhindar dari penyakit mematikan ini.

Studi menunjukkan kopi dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kafein pada kopi dapat mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Kolesterol LDL merupakan salah satu faktor yang dapat memicu penyakit jantung.

2. Mencegah Stroke
Orang yang rutin mengonsumsi kopi juga dapat terhindar dari risiko stroke. Dikutip dari Healthline, mengonsumsi setidaknya tiga cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL, dua faktor yang dapat meningkatkan risiko stroke.

3. Menurunkan Risiko Diabetes
Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang juga banyak menyumbang kematian di seluruh dunia. Data yang diterbitkan di Nutrients pada 2021 mengungkapkan mengonsumsi kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Hal ini dikaitkan dengan khasiat kopi yang mendukung pembakaran lemak, serta efek antioksidan yang dapat mengatasi peradangan akibat diabetes.

4. Mencegah Obesitas
Kabar baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, rutin minum kopi setiap hari ternyata bisa membantu proses penurunan berat badan loh.

Sebuah studi menemukan kopi dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga mendukung penurunan berat badan.

Kopi juga memberikan tambahan energi untuk beraktivitas, dan tingkat aktivitas fisik yang tinggi dapat membantu proses penurunan berat badan.

5. Menurunkan Risiko Kanker
Kandungan antioksidan yang ada pada kopi juga berpotensi mencegah jenis kanker tertentu. Sejumlah studi menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari dua cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko kanker liver, kolorektal, prostat, dan endometrial.

Khasiat ini berasal dari kandungan antioksidan, seperti polifenol, kafein, cafestol, dan kahweol pada kopi yang berkontribusi dalam menurunkan risiko terjadinya kanker-kanker tersebut.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Alasan Minum Kopi Setiap Pagi Bisa Bikin Panjang Umur"