08 June 2024

Benarkah Minum Air Kelapa Bisa Meluruhkan Batu Ginjal?

Ilustrasi air kelapa. (Foto: Getty Images/iStockphoto/PitchyPix)

Air kelapa adalah salah satu minuman alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, mulai dari menghidrasi tubuh hingga melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, beberapa orang juga percaya air kelapa dapat meluruhkan batu ginjal. Benarkah demikian?

Pakar urologi Prof Dr dr Nur Rasyid, SpU-K, meluruskan anggapan tersebut. Dia menjelaskan air kelapa sebenarnya tidak berhubungan dengan penanganan atau penyembuhan batu ginjal.

Namun, mengonsumsi air kelapa dapat meningkatkan jumlah cairan dalam tubuh dan membuat seseorang lebih sering buang air kecil. Hal inilah yang sebenarnya berkontribusi dalam membantu mencegah batu ginjal.

"Jadi sebenarnya begitu orang yang tadinya malas minum, begitu dikasih air kelapa 'Oh ini bisa bikin keluar batu nih', semangat (minum), kencing jadi banyak," jelas Prof Rasyid saat ditemui di Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).

"Karena dia minum volume air kelapanya jadi banyak, bisa menyebabkan sering kencing. Jadi lebih karena volumenya, bukan jenis airnya," sambungnya.

Namun dia mewanti-wanti pasien ginjal yang ingin mengonsumsi air kelapa. Sebab, air kelapa mengandung kalium tinggi yang dapat membahayakan bagi orang dengan masalah ginjal tertentu.

"Sebenarnya air kelapa itu mengandung kalium utamanya. Pada orang yang sudah terganggu fungsi ginjalnya, air kelapa malah bahaya karena kalium tinggi," terangnya.

"Orang yang terganggu fungsi ginjalnya, kadang-kadang terganggu membuang kalium, nanti hiperkalemia malah," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Minum Air Kelapa untuk Cegah Batu Ginjal Ternyata Ada Benarnya, Tapi..."