05 June 2024

Berbagai Kejadian Aneh dalam Dunia Medis, Diantaranya Penemuan Semen di Jantung

Ilustrasi operasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)

Terkadang dokter menemukan kasus yang benar-benar mengejutkan dan jarang terjadi. Ketika hal tersebut ditemukan, mereka sering mencatat kasus tersebut di jurnal medis sehingga dokter dan masyarakat bisa mempelajari dan mewaspadai kondisi yang seringkali tidak diketahui ini.

Berikut ini beberapa kejadian medis aneh yang pernah ditemukan, seperti dikutip dari Live Science:

1. Penemuan Semen di Jantung
Sepotong semen berukuran 10 cm tersangkut pada jantung seorang pria 56 tahun yang tidak disebutkan namanya. Peneliti Yale University dalam penelitiannya menyebut pria tersebut masuk ruang gawat darurat setelah mengalami nyeri dada dan kesulitan bernapas selama dua hari.

Hasil rontgen dan CT scan menunjukkan ada benda asing di dalam jantungnya dan ketika dioperasi, dokter menemukan sepotong semen tipis dan tajam merobek ruang kanan atas jantung pria tersebut.

Terungkap semen tersebut berasal dari prosedur operasi patah tulang belakang yang dilakukan seminggu sebelumnya. Dokter menyuntikkan semen khusus untuk memulihkan tulang, namun dalam kasus pria tersebut, semen bocor dari tulang ke pembuluh darah pasien.

Semen tersebut akhirnya mengeras, mengalir melalui aliran darah pria tersebut, dan menyangkut di jantungnya. Usai prosedur pengangkatan semen, pria tersebut kembali pulih.

2. Lidah Berambut Hijau
Seorang pria di Ohio, Amerika Serikat berusia 64 tahun yang tidak disebutkan namanya mengalami kondisi langka yang membuat lidahnya menumbuhkan rambut berwarna hijau. Kasus yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine tersebut mengaitkan kondisi tersebut dengan Lingua villosa.

Kondisi tersebut terjadi ketika benjolan kecil di lidah atau papila tidak terlepas seperti biasanya sehingga tumbuh melebihi panjang normalnya. Saat itu tumbuh, warnanya bisa berubah menjadi hijau, coklat, putih, atau bahkan merah muda tergantung pada makanan, bakteri, dan bahan lain yang dikonsumsi.

Kondisi ini mempengaruhi sekitar 13 persen orang di dunia. Mengonsumsi makanan lunak, minum kopi, teh, dan alkohol dalam jumlah banyak dapat meningkatkan risiko tersebut. Pria tersebut akhirnya pulih dalam enam bulan setelah menggosok lidahnya setiap hari dengan sikat gigi mengikuti saran dari dokter.

3. Penemuan Janin di Otak Bocah
Kejadian 'aneh' ini dirilis dalam jurnal Neurology pada akhir tahun 2022. Dokter yang menemukan kasus ini melakukan operasi pengangkatan janin yang ditemukan di otak seorang anak perempuan berusia satu tahun.

Kondisi langka ini disebut intraventricular fetus in fetu. Kejadian tersebut diketahui setelah anak tersebut mengalami pembesaran kepala dan keterlambatan perkembangan keterampilan motorik. Janin tersebut berasal dari sel telur yang telah dibuahi.

Jika tumbuh dengan normal, maka janin tersebut akan menjadi kembar identik. Namun, ketika salah satu janin menyelimuti janin lainnya, kembaran yang terselimuti biasanya berhenti berkembang.

Fetus-in-fetu sangat jarang terjadi, hanya terjadi pada sekitar 1 dari 500 ribu kelahiran. Kebanyakan kasus fenomena ini terjadi di perut, bukan di kepala.

4. Manusia Berotak Kecil
Seorang pria berusia 44 tahun di Prancis menjalani kehidupan normalnya meskipun ukuran otaknya hanya setengah dari ukuran rata-rata. Kejadian ini diterbitkan dalam jurnal The Lancet, ketika pria tersebut pergi ke pusat medis setelah mengalami kelemahan kaki kiri selama dua minggu.

Ketika dia berusia 6 bulan, dokter memasang pintasan di kepalanya untuk mengurangi penumpukan cairan di otaknya. Pada usia 14 tahun, dia juga sempat kehilangan kendali penuh atas kaki kirinya tetapi pulih kembali setelah shuntnya diubah. Perkembangan neurologisnya dan riwayat kesehatannya normal.

Setelah ia kembali merasakan masalah tersebut pada kakinya, dokter menemukan adanya kelainan pada otak pria tersebut. Kondisinya menyebabkan penumpukan cairan di tengkoraknya, sehingga hanya menyisakan lapisan tipis jaringan otak, karena cairan tersebut hanya menyisakan sedikit ruang untuk jaringan otak.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sederet Kejadian Aneh Dunia Medis, Penemuan Semen di Jantung-Janin Tumbuh di Otak"