06 June 2024

Kebiasaan Sederhana Pagi Hari yang Bisa Cegah Stroke dan Sakit Jantung

Ilustrasi bangun pagi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat)

Tak banyak orang yang sepenuhnya memahami bahwa bagaimana seseorang memulai hari dapat begitu berpengaruh pada kondisi kesehatan. Terdapat beberapa kebiasaan sepele yang rupanya simpan manfaat besar untuk jantung, lho.

Ahli jantung dr Rohit Vuppuluri, DO, mengungkapkan beberapa jenis kebiasaan sederhana yang bisa diterapkan setiap pagi untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut ini adalah beberapa di antaranya dikutip dari Parade:

1. Minum Air Putih
dr Rohit berkata mengawali hari dengan mengonsumsi dua gelas air putih bisa menjadi salah satu cara sepele untuk menjaga kesehatan jantung. Kebiasaan tersebut membantu menjaga hidrasi yang baik, membangunkan pikiran, dan tubuh sebelum menjalani hari.

"Air sangat penting untuk manajemen elektrolit yang membantu menjaga kestabilan fungsi dan ritme jantung," kata dr Rohit.

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa rendahnya cairan tubuh dapat meningkatkan risiko kesehatan jantung yang memburuk. Hidrasi yang buruk dapat menyebabkan peradangan pada tubuh yang dapat berdampak negatif pada jantung.

Tidak terhidrasi dengan baik menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hal ini meningkatkan tekanan darah, yang pada nantinya dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

2. Minum Secangkir Kopi Tanpa Gula
Selain mengonsumsi air putih, minum secangkir kopi hitam tanpa gula juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. dr Rohit mengatakan manfaatnya didapat dari kandungan antioksidan yang ada di dalam secangkir kopi.

"Kopi memiliki antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung," kata dr Rohit.

Penelitian yang ada menunjukkan keterkaitan konsumsi kopi dengan angka kasus kematian akibat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Namun, Dr Rohit mengingatkan bahwa konsumsi dalam jumlah normal adalah kuncinya. Usahakan mengonsumsi kopi tidak lebih dari empat cangkir sehari.

Selain itu, efek kopi bisa berbeda-beda setiap orang. Pilihlah kopi tanpa kafein apabila memiliki sensitifitas tinggi pada kafein.

3. Sarapan dengan Menu Seimbang
Menu makanan dengan nutrisi seimbang bisa menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan jantung. dr Rohit menyarankan beberapa jenis makanan seperti biji-bijian, protein tanpa lemak, dan jus buah untuk mendukung kesehatan jantung.

Beberapa makanan tinggi serat seperti oatmeal dengan gandum utuh dan buah-buahan dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Sumber protein seperti kacang-kacangan, greek yogurt, atau telur lebih disarankan dibandingkan dengan makanan ultra proses seperti sosis, bacon, dan nugget karena tinggi lemak jenuh.

4. Jalan Kaki
Ketika mungkin kesulitan menemukan waktu untuk berolahraga, berjalan-jalan kaki sekitar rumah merupakan salah satu kebiasaan yang baik untuk membuat jantung lebih sehat. Jalan kaki secara rutin dapat menurunkan berbagai jenis penyakit kardiovaskular.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Lakukan di Pagi Hari, Cegah Stroke-Sakit Jantung dengan 4 Kebiasaan 'Sepele' Ini"