11 July 2024

Ini Kata Pakar Gizi Terkait Konsumsi Susu UHT Tidak Dingin

Viral ibu marah-marah soal susu UHT tidak dingin. (Foto: Tangkapan layar viral)

Video ibu-ibu marah mendatangi kasir di salah satu minimarket ramai menjadi sorotan. Dirinya tampak kesal lantaran susu UHT yang diterima saat sesampai di rumah, tidak dalam kondisi dingin.

Ibu tersebut meminta uangnya dikembalikan, dan mengembalikan produk susu UHT satu liter yang dibelinya. Ia juga mendesak petugas mengganti rugi ongkos yang dikeluarkan untuk kembali ke minimarket.

Spesialis gizi klinik dr Putri Sakti, MGizi, SpGK meluruskan sebetulnya susu UHT aman disimpan dalam suhu ruang lantaran sudah melewati proses sterilisasi. Hal yang mungkin membahayakan tubuh, adalah ketika susu sudah dalam kondisi terbuka, berada dalam suhu ruang, lalu dikonsumsi.

Karenanya, ia meminta masyarakat untuk memastikan susu yang dibeli benar tersegel dengan rapih. Selama kondisi produk tidak rusak dan batas kedaluwarsa dipastikan aman, tidak ada masalah untuk mengonsumsinya meski saat dijual, ditaruh di suhu ruang.

"Apabila susu UHT sudah terbuka, kalau sudah terkena air liur, maka dia maksimal dalam satu jam harus sudah habis dari pertama kali dibuka," terangnya saat dihubungi detikcom Rabu (10/7/2024).

"Tetapi kalau misalkan belum kena air liur dituang dari literan ke gelas, dia bisa bertahan sampai 2 jam," beber dr Putri.

Perlu diingat, potensi susu menjadi basi, juga bergantung pada kondisi suhu dan kelembapan ruangan. Karenanya, saat susu UHT sudah dalam kondisi terbuka, cara aman untuk menjaganya tetap segar adalah disimpan di lemari pendingin.

"Kalau misalkan kita masih mengonsumsi susu tersebut, pada kondisi sudah dibuka, dan ada di suhu ruang lebih dari berjam-jam, barulah ada risiko paparan kuman, virus, dan bakteri. Yang bisa mengganggu pencernaan," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kata Dokter Gizi soal Minum Susu UHT Tak Dingin, Bahaya Nggak Sih?"