15 July 2024

Ini Kata Pakar Tentang Mabuk Karena Kecubung, Bisa Berdampak Buruk

Tanaman kecubung. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/ePhotocorp)

Tanaman kecubung memang dikenal memiliki zat-zat yang mampu membuat seseorang berhalusinasi atau mabuk. Sehingga, tanaman ini disalahgunakan mereka yang ingin 'nge-fly'.

Tanpa disadari, ternyata kecubung sendiri jika dikonsumsi dalam dosis yang cukup besar, dapat menyebabkan hal-hal buruk. Baik bagi si pengonsumsi maupun orang lain.

Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania menjelaskan halusinasi yang dialami mereka yang mabuk kecubung tak jarang dapat menimbulkan kematian.

"Halusinasi ini memang sering menyebabkan kematian. Ketika halusinasi maka dia bisa (menganggap) itu kejadian nyata. Dia bisa saja nyebur ke sungai terus meninggal," ujar dr Inggrid saat dihubungi detikcom, Jumat (12/7/2024).

"Kemudian ada juga setelah diberikan kecubung dia tiba-tiba bunuh diri menggantung diri, ini kejadian nyata," sambungnya.

"Kalau dia udah halusinasi, dia bisa melakukan apa saja. Bahkan sampai membunuh orang lain juga bisa," tegasnya.Selain melukai diri sendiri, lanjut dr Inggris, bisa saja mereka yang menyalahgunakan kecubung bersikap membahayakan orang lain.

Banyak alasan kenapa orang-orang memilih untuk mengonsumsi kecubung. dr Inggrid mengatakan biasanya kecubung dikonsumsi oleh mereka sekadar untuk kegiatan rekreasional atau senang-senang.

"Kalau ada penyalahgunaan konsumsi kecubung itu untuk rekreasional, jadi euforia. Dia gairah seksual meningkat luar biasa, kepercayaan diri meningkat," tambahnya.

Membutuhkan Pertolongan Medis

dr Inggrid menambahkan mabuk kecubung dengan dosis yang berlebihan bisa saja menimbulkan kondisi gawat darurat yang membutuhkan pertolongan medis.

"Ketika ada penyalahgunaan ya dia harus ditolong. Ditolongnya ke mana? Ke fasilitas kesehatan. Kalau ada tanda-tanda gawat darurat, misalnya orangnya sudah halusinasi harus dibawa ke rumah sakit," kata dr Inggrid.

"Tapi kalau tanda-tandanya seperti keracunan, biasanya pupil matanya melebar, denyut jantungnya cepat. Sudah jelas butuh pertolongan segera ke Unit Gawat Darurat rumah sakit," tutupnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ahli Jelaskan Efek Mabuk Kecubung, Bisa Sefatal Ini Saat Mulai Halu"