10 July 2024

Joe Biden Diduga Idap Parkinson, Ini Kata Gedung Putih

Foto: REUTERS/Nathan Howard Purchase Licensing Rights

Spesialis penyakit parkinson ternama, Kevin Cannard belum lama ini disebut bertemu dengan dokter Presiden AS Joe Biden, di Gedung Putih. Latar belakang pertemuan mereka belum diketahui secara pasti.

Ahli saraf di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed tersebut bertemu dengan dokter tim kepresidenan Kevin O'Connor di Gedung Putih pada pertengahan Januari, menurut catatan pengunjung yang dilaporkan CNN.

Cannard telah berkunjung ke Gedung Putih lebih dari tiga kali, yakni di 17 Januari dengan O'Connor, dan dengan staf lainnya pada 26 Januari dan 28 Maret. Cannard juga mengunjungi Gedung Putih setidaknya delapan kali bila digabung dengan pertemuan tahun lalu, sejak Agustus.

Hanya pertemuan 17 Januari yang mencantumkan O'Connor sebagai orang yang dikunjungi.

O'Connor mengambil langkah tidak biasa pada Senin malam dengan merilis surat yang mengungkap beberapa rincian tentang kunjungan Cannard ke Gedung Putih, setelah berhari-hari spekulasi tentang kesehatan Joe Biden mencuat.

"Presiden Biden belum menemui ahli saraf di luar pemeriksaan fisik tahunannya," demikian tegas pernyataan Gedung Putih.

"Sebelum pandemi, dan setelah pandemi berakhir, dia telah membuka klinik neurologi rutin di klinik medis Gedung Putih untuk mendukung ribuan anggota aktif yang ditugaskan mendukung operasi Gedung Putih," katanya menambahkan.

"Banyak personel militer mengalami masalah neurologis terkait dengan tugas mereka, dan dr Cannard secara rutin berkunjung, sebagai bagian dari praktik neurologi umum ini."

Meski begitu, Cannard memang menjadi spesialis neurologis yang memeriksa Presiden Biden untuk setiap pemeriksaan fisik tahunannya dan mencatat bahwa temuan spesialis tersebut disertakan setiap kali Gedung Putih merilis secara terbuka hasil pemeriksaan fisik presiden.

Saat ditanya terkait kunjungan antara Cannard dan O'Connor pada Senin kemarin, juru bicara Gedung Putih Andrew Bates mengatakan berbagai macam spesialis dari sistem Walter Reed mengunjungi kompleks Gedung Putih untuk merawat ribuan personel militer yang bekerja di sana.

"Kunjungan tersebut termasuk satu kunjungan dari ahli saraf setiap tahun untuk pemeriksaan fisik Biden," kata Bates.

Biden disebut belum pernah dirawat atau meminum obat apa pun untuk mengobati penyakit parkinson. Laporan kesehatan terbaru Biden, yang dirilis oleh salah satu dokter tim kepresidenan, O'Connor, menunjukkan dirinya telah diperiksa untuk sejumlah kondisi neurologis, termasuk parkinson, dengan hasil negatif, seperti halnya dua laporan fisik lain sejak Biden menjabat sebagai presiden.

Surat setebal enam halaman dari O'Connor, yang dirilis setelah presiden menjalani pemeriksaan fisik terakhirnya pada bulan Februari, menyebutkan beberapa spesialis berkonsultasi mengenai pemeriksaan fisik, termasuk spesialis neurologis.

Kemudian dikatakan bahwa O'Connor memanggil beberapa spesialis, termasuk spesialis neurologis gangguan gerakan yang tidak disebutkan namanya, untuk meninjau gaya berjalan Biden yang kaku, yang telah terjadi sejak pemeriksaan fisik Biden pada November 2021.

Tim tersebut menyimpulkan bahwa gaya berjalan Biden yang kaku adalah akibat dari 'kehausan' pada tulang punggungnya dan bukan karena kondisi neurologis, tulis O'Connor. Pemeriksaan yang sangat mendetail tidak menghasilkan temuan yang konsisten dengan parkinson, multiple sclerosis, atau kelainan neurologis lainnya.

Berita tentang kunjungan Cannard muncul ketika usia, kebugaran, dan ketajaman mental Biden berada di bawah pengawasan ketat menyusul penampilan buruknya dalam debat presiden tanggal 27 Juni melawan mantan Presiden Donald Trump.

Dalam 11 hari sejak pidatonya, Biden harus mempertahankan posisinya sebagai calon presiden Partai Demokrat dan kemampuannya untuk memerintah selama empat tahun lagi jika ia terpilih kembali. Baik Gedung Putih maupun Biden telah berulang kali ditanyai tentang tes dan kunjungan dokter pada bulan-bulan sebelum debat dan beberapa saat setelahnya.

Biden ditanya dalam wawancara ABC pada hari Jumat apakah dia telah mengikuti tes khusus untuk kemampuan kognitif. Presiden menanggapinya dengan mengatakan bahwa dia secara teratur diperiksa oleh dokter di Gedung Putih dan menambahkan, "Tidak ada yang mengatakan saya harus melakukannya, mereka mengatakan saya baik-baik saja."

Presiden juga menambahkan bahwa dia telah berbicara dengan dokternya. "Anda kelelahan," kata Biden, menyampaikan informasi dari dokter.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rumor Joe Biden Idap Parkinson Menguat, Gedung Putih Angkat Bicara"