29 July 2024

Pakar Ungkap Makanan Ini Bisa Turunkan Tekanan Darah Secara Signifikan

Foto: Dok. Shutterstock

Para ahli mengungkap 'makanan super' yang telah diuji bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti di Queen Mary University of London.

Mereka menemukan bahwa minum segelas jus buah buah bit atau beetroot sebanyak 250 ml setiap hari bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Dalam penelitian, pasien yang didiagnosis dengan atau berisiko hipertensi diminta untuk mengonsumsi minuman tersebut setiap hari selama empat minggu. Separuh dari kelompok diberi jus bit, sementara separuh lainnya menerima plasebo yang tampak dan terasa identik.

Pada akhir uji coba, pasien yang minum jus bit mengalami penurunan tekanan darah dan kembali ke kisaran 'normal'. Namun, dua minggu setelah penelitian berakhir dan berhenti minum jus, tekanan darah mereka kembali tinggi.

Terungkap bahwa buah bit kaya akan nitrat dan makanan anorganik. Nitrat ini diubah oleh tubuh menjadi nitrit dan kemudian oksida nitrat, yang melemaskan serta memperlebar pembuluh darah.

Hal ini menjadikan bit sebagai asupan yang ampuh untuk mengelola tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Ini menunjukkan bahwa mempertahankan asupan nitrat yang konsisten diperlukan untuk manfaat jangka panjang.

"Ini bisa terjadi saat mengkonsumsi bit atau makanan yang kaya nitrat lainnya, seperti sayuran berdaun hijau, adas, dan labu. Beberapa orang lebih suka jus bit, karena dikenal sebagai sumber nitrat yang terkonsentrasi," terang ahli diet Dr Linia Patels, dikutip dari Express UK.

Profesor epidemiologi genetik di King's College London, Tim Spector, juga mengungkapkan manfaat luar biasa dari buah bit untuk meningkatkan sirkulasi.

Menurutnya, bit bermanfaat karena kandungan polifenolnya yang membantu mengurangi peradangan, dan nitrat yang penting untuk meningkatkan aliran darah dengan memperlebar pembuluh darah. Sehingga ini bermanfaat untuk performa atletik dan pengendalian tekanan darah tinggi.

"Bit mengandung zat kimia pertahanan polifenol yang disebut betaine, yang cukup unik dan sangat baik untuk peradangan. Bit juga mengandung prekursor oksida nitrat, yang merupakan gas yang penting untuk perubahan pembuluh darah kita," jelasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ilmuwan Ungkap 'Makanan Super' yang Bisa Menurunkan Tekanan Darah"