11 July 2024

Planet Sejauh 65 Tahun Cahaya dari Bumi Ini Baunya Seperti Telur Busuk

Foto: NASA

Pakar astronomi menemukan exoplanet atau planet di luar tata surya yang baunya seperti telur busuk. Tidak hanya itu, planet ini juga sering didera badai kaca dan suhu yang ekstrem.

Planet itu bernama HD 189733 b yang ukuran dan massanya sekitar 1,13 kali lebih besar dari Jupiter. Planet itu ditemukan pada tahun 2005 dan lokasinya sekitar 65 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Vulpecula.

Berkat observasi menggunakan teleskop luar angkasa James Webb, astronom menemukan bahwa planet ini mengandung hidrogen sulfida di atmosfernya. Molekul ini yang menyebabkan bau telur busuk di HD 189733 b.

"Hidrogen sulfida adalah molekul besar yang kita tahu ada di sana. Kami memperkirakan molekul itu akan ada di sana, dan kami tahu molekul itu ada di Jupiter, namun kami belum pernah benar-benar mendeteksinya di luar tata surya, kata ahli astrofisika di Johns Hopkins University Guangwei Fu, seperti dikutip dari Space, Selasa (9/7/2024).

"Kami tidak berusaha mencari tanda kehidupan di planet ini karena terlalu panas, namun menemukan hidrogen sulfida adalah batu loncatan untuk menemukan molekul ini di planet lain dan memperoleh lebih banyak pemahaman tentang bagaimana berbagai jenis planet terbentuk," sambungnya.

Tidak hanya hidrogen sulfida, Fu dan rekannya juga berhasil mengukur konten sulfur di HD 189733 b. Mereka juga bisa menemukan air, karbon dioksida, dan karbon monoksida yang menjadi sumber oksigen dan karbon di planet tersebut.

Planet HD 189733 b mengelilingi bintang bernama HD 189733. Jarak antara HD 189733 b dengan bintang terbilang sangat dekat, yaitu 4,8 juta km atau sekitar 3% dari total jarak antara Bumi dan Matahari. Saking dekatnya, HD 189733 b hanya membutuhkan 2,2 hari untuk mengelilingi bintangnya.

Namun jarak yang sangat dekat ini membuat permukaan HP 189733 b sangat ekstrem. Temperaturnya mencapai 972 derajat Celsius, jadi jangan terkecoh dengan penampilannya yang didominasi warna biru dan putih.

HD 189733 b juga 'tidally locked' dengan bintangnya. Artinya, satu sisi planet ini menghadap bintangnya secara permanen (disebut sisi siang) dan terus-terusan dihantam radiasi, sedangkan sisi lainnya (sisi malam) menghadap luar angkasa.

Saking panasnya, sisi siang hari planet HD 189733 b bisa melelehkan kaca. Permukaannya juga memiliki angin dengan kecepatan ekstrem hingga 8.046 km/jam.

Angin super kencang itu menghembuskan uap kaca ke sisi malam hari yang lebih dingin di mana uap tersebut bisa membentuk hujan kaca. Namun berkat angin kencang di HD 189733 b, hujan kaca ini tidak menetes seperti hujan air biasa di Bumi, tapi berterbangan dengan kecepatan tinggi.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Planet Ini Baunya Seperti Telur Busuk dan Sering Hujan Kaca"