13 July 2024

Sebaiknya Hindari Konsumsi Teh dengan Bahan Berikut Ini

Foto: Ilustrasi teh susu (Getty Images/iStockphoto)

Teh merupakan minuman yang biasa dikonsumsi di pagi hari. Minuman ini juga kerap dinikmati bersama dengan aneka hidangan makanan pada siang atau malam hari.

Namun, ternyata ada beberapa bahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan teh. Sebab, kombinasi tertentu bisa mengurangi manfaat kesehatan dari teh atau menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

7 Bahan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan dengan Teh

Teh merupakan minuman yang kaya akan manfaat, seperti menurunkan kolesterol jahat, menurunkan kadar gula darah, hingga meningkatkan kesehatan usus. Meski begitu, sebaiknya hindari konsumsi teh dengan bahan berikut ini:

1. Lemon
Teh yang dicampur dengan lemon merupakan minuman populer yang disukai banyak orang. Namun ternyata, kombinasi daun teh dan air lemon bisa menyebabkan perut kembung.

Menurut Times of India, jika diminum saat perut kosong di pagi hari, kombinasi teh dan lemon juga bisa menyebabkan masalah seperti refluks asam lambung dan nyeri ulu hati. Sehingga, jika kamu menderita asam lambung, hindari minum teh lemon ya.

2. Susu
Selain lemon, teh susu juga menjadi minuman yang banyak disukai. Menurut beberapa penelitian, protein dan kemungkinan lemak pada susu bisa mengurangi kapasitas antioksidan dalam teh.

Polifenol atau flavonoid bertindak sebagai antioksidan yang mengontrol efek merusak dari radikal bebas dalam tubuh. Senyawa tersebut juga menjadi komponen kunci yang membuat teh menyehatkan. Selain itu, menurut laman Health Site menambahkan susu ke teh juga bisa memicu perut kembung dan jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan kecemasan dan memicu konstipasi hingga tekanan darah tinggi.

3. Pemanis Buatan
Meminum teh dalam kemasan yang mengandung pemanis tambahan sebaiknya dihindari. Alternatifnya adalah mengkonsumsi teh herbal dengan rasa manis alami dari buah.

Pemanis buatan dapat meningkatkan jumlah kalori dalam teh yang dikonsumsi. Selain itu, menurut Joyous Health, pemanis buatan dikaitkan dengan intoleransi glukosa dan perubahan pada mikrobioma usus.

4. Sayuran Kaya Zat Besi
Makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi tidak cocok dikonsumsi bersamaan dengan teh. Sebab, teh mengandung tanin dan oksalat yang menghalangi penyerapan zat besi dari makanan yang mengandung banyak zat besi.

Senyawa ini bisa mengikat zat besi, sehingga mencegah penyerapannya dalam darah. Sehingga, kamu sebaiknya menghindari memadukan sayuran berdaun hijau dengan teh.

5. Kacang-kacangan
Mengkonsumsi kacang-kacangan dengan teh juga dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Mengutip laman Wion, kandungan tanin di dalam teh bisa menghalangi penyerapan nutrisi jika dikonsumsi bersamaan dengan kacang-kacangan.

6. Kunyit
Hindari mengkonsumsi makanan mengandung kunyit dengan teh. Sebab, hal ini bisa menyebabkan masalah perut seperti asam lambung, gas, atau sembelit.

7. Makanan Dingin
Sajian dingin seperti es krim yang disandingkan dan teh panas bisa mengganggu proses pencernaan. Sebab, mengkonsumsi makanan dengan suhu yang berbeda bisa melemahkan proses pencernaan dan membuat mual. Jadi, jika ingin mengkonsumsi makanan dingin, tunggu minimal 30 menit setelah minum teh hangat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Bahan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan dengan Teh"