16 July 2024

Shannen Doherty Meninggal Dunia Akibat Kanker Payudara Stadium 4, Ini Gejala Awalnya

Foto: Getty Images/Aaron Rapoport

Shannen Doherty meninggal dunia setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker payudara. Meski sempat dinyatakan remisi, dokter kembali menemukan sel kanker yang rupanya sudah menyebar ke otak.

Kondisi tersebut baru diketahui setelah Shannen mengalami cedera ringan saat pesta Natal awal Januari 2023. Aktris sekaligus sutradara itu menelepon dokter spesialis dan mengabarkan kepalanya terbentur cukup parah.

Nyeri Kepala

Shannen kala itu bertanya apakah dia memerlukan CT scan kepala, lantaran satu-satunya gejala yang dirasakan adalah rasa nyeri tidak kunjung mereda.

"Kekhawatiran terbesar saya adalah hematoma subdural. Itu adalah perdarahan kronis yang lambat dan bisa muncul dengan gejala seminggu atau 10 hari setelah benturan awal," cerita Shannen kala itu.

Tak Ada Kejang

Ia tak menyangka, dokter malah menemukan sel kanker baru di otak, padahal dirinya sama sekali tidak mengeluhkan gejala apapun yang mengindikasikan serangan kanker di bagian vital tersebut.

"Tidak menunjukkan gejala apapun. Tidak lumpuh, tidak kejang," kata dokter yang menangani Shannen.

CT scan mengungkapkan beberapa metastasis kanker di otak, dan ia langsung dijadwalkan operasi. Beberapa bulan setelah operasi otaknya pada Januari 2023, Shannen sempat mengungkapkan beberapa kekhawatiran.

"Takut dengan semua kemungkinan buruk yang mungkin terjadi, khawatir meninggalkan ibu saya dan dampaknya terhadap dirinya. Khawatir saya akan keluar dari operasi, bukan saya lagi. Seperti inilah rupa kanker."

Shannen Doherty meninggal pada Sabtu (13/7/2024). Ia pertama kali didiagnosis mengidap kanker pada 2015, dinyatakan remisi pada 2017 dan kemudian mengumumkan bahwa kankernya telah kembali ke stadium 4 tiga tahun kemudian. Pada November 2023, dia mengungkapkan kanker telah menyebar ke tulangnya.

Shannen Doherty beberapa kali secara terbuka membahas bagaimana rasanya hidup dengan kanker payudara stadium 4, yang dianggap banyak orang sebagai satu-satunya bentuk penyakit mematikan. Sekitar sepertiga wanita yang didiagnosis mengidap penyakit ini hidup lima tahun atau lebih setelah diagnosis, menurut organisasi kanker payudara.

"Ya, ada orang yang hanya bertahan hidup lima tahun," kata Doherty. "Saya selalu berbicara tentang fakta bahwa saya hanya perlu menunggu tiga hingga lima tahun lagi dan kemudian akan ada terapi sel T, atau akan ada ini atau itu. Apa pun itu, akan ada lebih banyak pilihan yang akan memberi saya peluang waktu hidup lima tahun lagi."


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Shannen Doherty Meninggal usai Kanker Payudara Menyebar ke Otak, Ini Gejala Awalnya"