18 July 2024

Waspadai Cuaca Dingin 'Bediding', Kemenkes: Bisa Picu Bapil dan COVID-19 Naik

Foto: shutterstock

Suhu 'bediding' di tengah musim kemarau dirasakan banyak masyarakat Indonesia. Bandung Raya dan sekitarnya bahkan melaporkan suhu minimum hingga 16 derajat celsius lima hari terakhir.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut cuaca dingin bisa memicu sejumlah kenaikan kasus seperti batuk, pilek. Warga diimbau untuk menjaga imunitas tubuh.

Tidak hanya itu, cuaca dingin juga rentan meningkatkan penyebaran COVID-19.

"Iya bisa peningkatan kasus influenza, dan termasuk juga COVID-19 ya," terangnya saat dihubungi detikcom Selasa (16/7/2024).

Sebelumnya diberitakan, Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto mengonfirmasi cuaca dingin bisa terjadi di tengah musim kemarau. Hal ini dipicu fenomena 'bediding'. Adanya pergerakan Angin Monsun Australia sehingga, suhu udara di beberapa wilayah menjadi cukup dingin di pagi atau malam hari.

Angin Monsun Australia ini bertiup dari Australia menuju Asia melewati wilayah Indonesia dan perairan Samudera Hindia sambil membawa udara dingin. Sementara itu, Samudera Hindia juga memiliki suhu permukaan laut yang juga relatif rendah atau dingin.

"Orang Jawa menyebutnya Mbedhidhing. Apalagi saat malam hari, saat suhu udara mencapai titik minimumnya," ujar Guswanto saat dihubungi detikcom, Selasa (16/7).

Cara Menjaga Imunitas Tubuh

Dikutip dari Health Harvard Edu, salah satu upaya untuk mejaga tubuh tetap fit adalah melindungi sistem kekebalan tubuh, sedikitnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut:
  • Makanlah makanan yang kaya akan buah-buahan dan sayur-sayuran
  • Berolahraga secara teratur
  • Pertahankan berat badan ideal
  • Kurangi minuman alkohol
  • Tidur yang cukup
  • Hindari stres
  • Melakukan vaksinasi yang disarankan

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Imbauan Kemenkes RI di Tengah Suhu 'Bediding', Waspada Bapil-COVID-19 Naik Lagi"