15 August 2024

Amankah Minum Kopi Sebelum Sarapan Pagi? Ini Kata Pakar

Foto: Ilustrasi iStock

Tak sedikit orang yang memulai harinya dengan menenggak secangkir kopi. Bahkan, minuman ini kerap menjadi hal pertama yang dikonsumsi saat bangun di pagi hari.

Namun, beberapa orang beranggapan mengonsumsi kopi sebelum sarapan atau dalam keadaan perut kosong justru bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Lantas, apakah mengonsumsi kopi sebelum sarapan benar-benar berbahaya bagi kesehatan?

Ternyata, tidak juga. Ahli ilmu gizi dari University of Colorado Anschutz Medical Campus, Bonnie Jortberg, PhD, RD mengatakan kopi secara umum tidak menyebabkan masalah kesehatan meski diminum saat perut kosong.

"Kebanyakan orang tidak mengalami masalah saat minum kopi dalam keadaan perut kosong, kecuali mungkin karena sedikit peningkatan cairan asam lambung," ujarnya dikutip dari Health, Senin (12/8/2024).

Jortberg mengatakan mengonsumsi kopi saat perut kosong sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan. Hanya saja, setiap orang memiliki respons tubuh yang berbeda-beda terhadap kopi. Beberapa orang dengan kondisi tertentu mungkin bisa mengalami sakit perut atau ketidaknyamanan setelah minum kopi.

Hal serupa disampaikan oleh asisten profesor gastroenterologi dari Tufts Medical Center, Harmony Allison, MD. Dia mengatakan kopi bisa menyebabkan gangguan pencernaan atau refluks asam pada orang-orang tertentu, terlepas apakah orang tersebut sudah makan atau belum.

"Orang-orang bisa saja mengalami gejala-gejala yang mengganggu ini, meskipun ada makanan di perutnya," katanya.

Selain itu, mengonsumsi kopi saat perut kosong disebut dapat menyebabkan tukak lambung. Namun sebuah meta analisis pada 2014 menemukan kopi tidak bisa menyebabkan tukak lambung atau merusak sistem gastrointestinal dengan cara apapun.

"Bagi sekitar 99 persen orang di luar sana, ini hanyalah mitos, bahwa minum kopi saat perut kosong tidak baik untuk kesehatan," tandas Jortberg.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apakah Minum Kopi Sebelum Sarapan Aman untuk Kesehatan? Ini Penjelasan Pakar"