26 August 2024

Atlet MMA Alami Serangan Jantung dan Meninggal Usai Konsumsi Minuman Energi

Foto ilustrasi: Shutterstock

Seorang atlet MMA meninggal dunia di usia 18 tahun. Itu terjadi beberapa hari setelah pria bernama Zach Doran sempat pingsan di tempat latihannya.

Jantung Zach tiba-tiba sempat berhenti berdetak. Pria yang tinggal di Oklahoma, Amerika Serikat, itu pun dirawat di rumah sakit dalam keadaan koma.

Diketahui, Zach merupakan petarung MMA yang tidak memiliki masalah kesehatan. Namun, pacar dari Zach, Libby Gilmore (18), yakin minuman berenergi menjadi salah satu pemicu kematiannya.

Libby mengatakan Zach selalu minum minuman berenergi sebelum pergi ke tempat gym atau berlatih MMA. Minuman itu merupakan suplemen yang dirancang untuk meningkatkan energi dan mengandung kadar kafein yang tinggi.

"Dia sangat rajin ke pusat kebugaran setiap hari dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Dia sangat bugar," jelas Libby yang dikutip dari The Sun.

"Zach selalu minum minuman berenergi setiap kali pergi atau ke MMA. Karena dia sangat sehat dan bugar, saya tidak pernah terlalu memikirkannya," lanjutnya.

Dikutip dari The Sun, minuman berenergi dapat menyebabkan masalah kardiovaskular. Itu termasuk tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur dan meningkat, hingga serangan jantung.

Batas aman kafein untuk orang dewasa adalah 400 mg sehari. Tetapi, beberapa minuman berenergi mengandung lebih dari 500 mg.

Momen terakhir Zach

Sang ayah, Jason, saat itu mendapatkan telepon dari pusat kebugaran putranya pada 3 Maret 2024. Ia dikabarkan Zach 'terluka'.

Saat ditanya penyebabnya, pihak pusat kebugaran mengatakan tengah melakukan CPR pada Zach. Setelahnya, pria 18 tahun itu dilarikan ke rumah sakit dan mengalami koma.

"Itu mengerikan. Kami tahu sudah waktunya untuk melepaskannya. Kami merasa bahwa ia sudah selesai berjuang," tegas Jason.

Jason mengatakan ketika tim medis melepaskan ventilatornya, butuh waktu 17 menit bagi Zach untuk meninggal. Dia dan istrinya memegang tangan putra mereka hingga saat-saat terakhir.

Sampai saat ini, penyebab medis dari kematian Zach masih belum diketahui pasti. Jason juga masih tidak yakin kalau putranya meninggal karena minuman berenergi.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Atlet MMA 18 Tahun Meninggal, Serangan Jantung usai Konsumsi Minuman Berenergi"