23 August 2024

Bandara Bali Pantau Suhu Pengunjung untuk Antisipasi Mpox Ganas

Ilustrasi Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali (Foto: Agus Eka/detikBali)

Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Denpasar, Bali, menerapkan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung yang datang dari luar negeri untuk mencegah penularan virus Mpox.

Pemeriksaan tersebut memanfaatkan alat pemindaian otomatis atau thermal scanner di terminal kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Jika terdeteksi suhu di atas 37,5 derajat celcius akan dilakukan pemeriksaan lanjutan," kata Kepala Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Denpasar Anak Agung Ngurah Kusumajaya di Denpasar, Rabu, dikutip Antara.

Agung meminta maskapai penerbangan dan komunitas bandara agar melaporkan kepada petugas Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Denpasar wilayah Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai apabila ada penumpang atau kru pesawat yang sakit atau demam, terlebih memiliki tanda atau gejala menyerupai penyakit Mpox.

"Kepada seluruh komunitas bandara agar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama beraktivitas," imbuhnya.

Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan menindaklanjuti penetapan status Mpox sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 14 Agustus 2024.

"Provinsi Bali sebagai salah satu tujuan pariwisata dunia sehingga memiliki risiko penularan penyakit Mpox," ucapnya.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Antisipasi 'Cacar Monyet' Mpox Varian Ganas, Bali Pantau Suhu Pengunjung di Bandara"