18 August 2024

Benarkah Gigi Berlubang Bisa Picu Penyakit Jantung?

Ilustrasi. (Foto: Thinkstock)

Spesialis bedah toraks dan kardiovaskular dr Maulidya Ayudika Dandanah, SpBTKV(K), FIHA mengatakan salah satu masalah jantung yang umum di Indonesia adalah jantung rematik. Penyakit ini terjadi ketika katup jantung mengalami kerusakan dan fungsinya terganggu.

dr Ayu mengatakan ada sedikit perbedaan kecenderungan penyebab masalah jantung rematik di Indonesia dan luar negeri. Ketika penyebab jantung rematik di luar negeri biasanya cenderung oleh faktor usia, penyakit jantung rematik pada pasien di Indonesia kebanyakan terjadi karena infeksi.

Salah satu sumber infeksinya menurut dr Ayu berasal dari kurangnya menjaga kesehatan gigi.

"Infeksinya itu dari mana? Sumbernya adalah kalau kita tidak menjaga kesehatan gigi kita dengan bersih. Kuman dari gigi itu bisa turun ke jantung," ucap dr Ayu pada awak media beberapa waktu lalu.

Kuman pada gigi yang tidak dibersihkan dengan baik dapat turun ke jantung dan menyebabkan kemacetan pada 'pintu' jantung. Kondisi ini memiliki nama medis mitral stenosis (katup mitral) dan aortic stenosis (aorta).

"Bahasa awamnya itu disebut penyakit jantung rematik, memang bisa itu ya dari penyakit gigi, misalnya karang, gigi berlubang, gigi busuk yang tidak diatasi dengan sempurna," jelasnya.

dr Ayu menuturkan bahwa salah satu gejala yang mungkin dapat muncul dari kondisi ini adalah sesak napas dan pembengkakan jantung. Kondisi jantung yang membengkak kata dr Ayu hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan di dokter.

Oleh karena itu, ia mengingatkan penting untuk menjaga kesehatan gigi dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Gigi Berlubang Picu Penyakit Jantung, Mitos atau Fakta? Begini Penjelasan Dokter"