03 August 2024

Berbagai Tanda Dimensia yang Jarang Disadari dan Kerap Disepelekan

Foto: ilustrasi saraf otak

Demensia dianggap sebagai salah satu kondisi yang normal terjadi pada mereka yang telah lanjut usia (lansia). Kondisi ini biasanya memicu tanda-tanda yang jarang disadari oleh banyak orang.

Tanda-tanda peringatan dari menurunnya fungsi otak seseorang ini tentu akan mengganggu aktivitas mereka. Direktur klinis demensia NHS Inggris, Jeremy Isaacs mengatakan perlu adanya bantuan dokter jika tanda-tanda ini muncul pada seseorang.

Dikutip dari Independent UK, berikut adalah beberapa tanda-tanda dari demensia yang jarang disadari.

1. Perubahan Suasana Hati
Menurut NHS Inggris, perubahan suasana hati bisa menjadi salah satu tanda seseorang mulai mengalami penurunan fungsi otak. Namun, seringkali orang-orang tidak menyadari hal ini.

Pada beberapa orang, gejala tersebut akan tetap sama dan tidak bertambah parah. Orang lain dengan mild cognitive impairment (MCI) atau gangguan kognitif ringan akan terus mengalami demensia.

2. Sulit Mempelajari Hal Baru
Salah satu tanda lain yang dialami oleh mereka yang memiliki kondisi demensia atau pikun adalah sulit belajar hal baru. Kepala pengetahuan di Alzheimer's Society Inggris, Tim Beanland mengatakan mereka yang pikun bahkan kesulitan untuk mengingat instruksi.

"Jika saya mendapatkan teknologi atau peralatan baru, mungkin saya memerlukan waktu lama untuk menyiapkannya, tapi saya pikir saya akan mencapainya dengan mengikuti instruksinya. Namun jika Anda menderita demensia, mempelajari cara menggunakan alat atau perangkat baru sangatlah sulit," ujar Beanland.

3. Sering Menanyakan Hal yang Sama
Beanland mengatakan mereka yang mengalami kepikunan akan sulit mengingat perkataan seseorang 5 atau 10 menit sebelumnya. Sehingga, mereka akan terus menanyakan hal-hal yang sama.

"Jika Anda menderita demensia, Anda mungkin tidak akan mengingat sesuatu yang dikatakan seseorang kepada Anda 5 atau 10 menit yang lalu, dan Anda mungkin menanyakannya berulang-ulang," kata Beanland.

4. Lupa Meletakkan Benda
Tanda ini mungkin yang paling umum terjadi. Seseorang yang pikun akan cenderung meletakkan benda di tempat asing. Mereka lupa tempat-tempat di mana seharusnya benda itu diletakkan.

"Anda mungkin menaruh kunci rumah di lemari kamar mandi, misalnya. Agak aneh, tapi itulah yang mungkin dilakukan oleh penderita demensia," kata Beanland.

5. Sulit Berorganisasi
Mereka yang mengalami demensia akan kehilangan kemampuan untuk mengatur rencana ke depan. Kesulitan dalam mengorganisasi diri ini menjadi tanda yang acapkali disepelekan.

"Tetapi jika Anda menderita demensia, orang-orang akan mengalami kesulitan, kehilangan kemampuan untuk mengatur dan membuat rencana ke depan," kata Beanland.

Beanland mengatakan mereka yang mengalami kepikunan akan kesulitan menjalani kehidupan sehari-harinya. Mereka akan sulit untuk mengobrol dan mudah lupa akan sesuatu.

"Perubahan dari gejala normal menjadi gejala-gejala yang mengganggu kehidupan sehari-hari, sehingga Anda kesulitan untuk bercakap-cakap dan mengatur berbagai hal. Anda kesulitan mengingat di mana Anda memarkir mobil, hal-hal seperti itu," jelasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Tanda-tanda Demensia yang Jarang Disadari, Kerap Disepelekan"