05 August 2024

Cerita Atlet Olimpiade Paris Usai Berenang di Sungai Seine

Atlet triatlon Olimpiade Paris 2024. (Foto: AP/Vadim Ghirda)

Beberapa waktu lalu viral sebuah video yang menunjukkan atlet triatlon Olimpiade Paris 2024 muntah-muntah usai berenang melalui Sungai Seine. Sungai yang dinilai kotor dan mengkhawatirkan sejumlah pihak dapat memengaruhi kesehatan dari para atlet.

Salah satu atlet triatlon dari Belgia bernama Jolien Vermeylen (30) membagikan pengalamannya setelah berenang melalui Sungai Seine. Atlet triatlon yang berenang sejauh 1.500 meter itu mengaku merasakan serpihan-serpihan yang tidak diketahui asalnya ketika melalui air.

"Saya berenang di bawah jembatan dan saya merasakan dan melihat hal-hal yang seharusnya tidak kita pikirkan," ucap Jolien dikutip dari Hindustan Times, Minggu (4/8/2024).

Jolien mengaku khawatir dengan keselamatan atlet yang melakukan perlombaan di Sungai Seine. Jolien mengatakan dirinya menelan banyak sekali air tercemar selama berenang.

Sebelumnya muncul laporan bahwa Sungai Seine terkontaminasi dengan bakteri berbahaya dengan tingkat yang tinggi. Meskipun begitu, panitia tetap menjalankan perlombaan tersebut karena airnya dinilai cukup aman untuk para atlet bertanding.

Menurut mereka, hasil pemeriksaan di beberapa titik Sungai Seine, kadar bakteri masih ada di batas aman yang dapat diterima.

"Kita tidak tahu apakah saya besok akan sakit atau tidak," cerita Jolien.

Tes yang dilakukan pada bulan Juni menunjukkan ditemukannya kadar bakteri E Coli yang terkait kotoran manusia dan hewan yang cukup tinggi. Jumlahnya sampai 10 kali di atas batas tingkat yang bisa diterima.

Bakteri ini dapat menyebabkan diare, infeksi saluran kemih, pneumonia, dan sepsis.

"Sungai Seine sudah kotor selama 100 tahun, jadi mereka tidak bisa mengatakan 'keselamatan atlet adalah prioritas'. Itu omong kosong," katanya.

"Mereka juga tidak akan bisa membatalkan perlombaan sepenuhnya. Sekarang mereka hanya harus berharap bahwa tidak akan ada terlalu banyak atlet yang sakit," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pengakuan Atlet Olimpiade Usai Berenang di Sungai Seine"