11 August 2024

Dua Astronaut AS Terjebak di Ruang Angkasa, Bagaimanakah Cara Bertahan Hidup?

Detik-detik Boeing Luncurkan Starliner Bawa Dua Astronaut ke ISS. Foto: AP/Chris O'Meara

Dua astronaut asal Amerika Serikat terjebak di ruang angkasa dan diproyeksikan baru bisa pulang pada 2025. Mereka adalah Barry Wilmore (61) dan Sunita Williams (58) yang awalnya hanya dikirim untuk misi selama delapan hari. Bagaimana cara mereka bertahan hidup?

Mereka berdua meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 5 Juni 2024 untuk mengecek kapal ruang angkasa yang baru, Starliner. Namun, ada beberapa masalah teknis yang dialami Starliner seperti kegagalan pendorong dan kebocoran helium. Keduanya masih melayang-layang di atas Bumi hingga saat ini, melewatkan musim panas dan bahkan mungkin Natal.

Lantas, bagaimana keduanya bertahan hidup di sana?

Starliner butuh ruang bagi peralatan yang sangat dibutuhkan untuk sistem daur ulang urin menjadi air minum di stasiun antariksa. Jadi, tidak ada banyak barang yang bisa dibawa oleh keduanya.

Sejauh ini, Suni dan Butch memanfaatkan pakaian cadangan yang sudah ada di sana. Akan tetapi, awal minggu ini, NASA menggunakan roket NASA mengirimkan stok makanan dan pakaian untuk kedua astronaut tersebut. Akan ada lebih banyak pasokan yang dijadwalkan tiba dalam beberapa bulan lagi. Untuk oksigen, stasiun antariksa memiliki sistem pembangkit oksigen sendiri, sehingga untuk hal ini mah, aman.

Melansir BBC, Sabtu (10/8/2024) salah satu opsi potensial untuk membawa Butch dan Suni balik ke Bumi adalah menempatkan kedua astronaut tersebut dalam misi yang dijadwalkan diluncurkan pada bulan September, kemudian mengembalikan mereka ke Bumi pada bulan Februari 2025.

Penerbangan ke stasiun luar angkasa tersebut akan dilakukan oleh wahana SpaceX Crew Dragon. Rencana awalnya adalah empat awak akan berada di dalamnya, tetapi dua kursi dapat dibiarkan kosong. Dengan rencana tersebut, berarti Butch dan Suni akan menghabiskan lebih dari delapan bulan di ISS.

Diketahui bahwa masih ada astronaut yang lebih lama tinggal di ruang angkasa dari Butch dan Suni. Valeri Polyakov dari Rusia menghabiskan 437 hari di luar angkasa di stasiun luar angkasa Mir pada pertengahan 1990-an. Tahun lalu, Frank Rubio kembali dari ISS setelah 371 hari. Ada juga Oleg Kononenko dari Rusia, yang saat ini juga berada di ISS, adalah orang pertama yang menghabiskan lebih dari 1.000 hari di luar angkasa selama kariernya.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "2 Astronaut Terjebak di Luar Angkasa, Ini Caranya Bertahan Hidup"