08 August 2024

Efek Samping Makan Sawo Bagi Tubuh Bila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/rikirisnandar)

Sawo adalah salah satu jenis buah yang cukup sering dijumpai di Indonesia. Sawo terkenal akan daging buahnya yang tebal dan rasa yang sangat manis.

Selain nikmat, sawo juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari Netmeds, sawo dapat membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan imun tubuh, mengatasi stres, hingga memperkuat tulang. Manfaat sawo berasal dari nutrisi yang terkandung di dalamnya, antara lain:
  • Protein: 0,44 gram
  • Lemak: 1,10 gram
  • Karbohidrat: 19,9 gram
  • Serat pangan: 10,9 gram
  • Vitamin C: 14,7 miligram
  • Kalium: 193 miligram
  • Kalsium: 21 miligram
  • Zat besi: 0,80 miligram
  • Magnesium: 12 miligram
Sawo juga kaya akan vitamin B kompleks, seperti thiamin (B1), riboflavin (B2), niasin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), dan folat (B9).

Meski sawo bernutrisi dan punya manfaat untuk kesehatan, mengonsumsinya secara berlebihan dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh. Sawo juga bisa berdampak buruk bagi orang dengan kondisi tertentu.

Berikut penjelasan efek samping yang bisa terjadi akibat berlebihan makan sawo.

1. Memicu Masalah Pencernaan
Sawo memang bisa membantu melancarkan pencernaan. Tapi jika buah ini dikonsumsi terlalu banyak, efek yang muncul akan sebaliknya.

Dikutip dari PharmEasy, mengonsumsi sawo secara berlebihan dapat memicu gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang ada pada buah tersebut.

Meski serat bermanfaat untuk kesehatan, orang yang memiliki masalah pencernaan tertentu, seperti sindrom iritasi usus besar, akan kesulitan mencerna makanan yang berserat tinggi. Asupan serat yang berlebihan juga dapat menyebabkan kembung, gas, dan rasa tidak nyaman di perut.

2. Memicu Kadar Gula Darah Naik
Sawo memiliki rasa yang sangat manis, jadi tidak heran jika buah ini punya kandungan gula yang cukup tinggi. Menurut data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram buah sawo mengandung sekitar 16,98 gram gula.

Sawo juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Karenanya, buah ini dapat memicu peningkatan kadar gula darah jika dikonsumsi secara berlebihan. Orang yang memiliki kadar gula darah tinggi atau prediabetes juga disarankan untuk membatasi konsumsi buah sawo.

3. Menyebabkan Iritasi di Lidah dan Mulut
Sawo astringen dalam bentuk tanin. Dikutip dari Netmeds, senyawa ini dapat menyebabkan iritasi serta sensasi gatal pada mulut dan lidah, terutama ketika seseorang mengonsumsi sawo yang belum matang.

4. Menyebabkan Ruam di Kulit
Meski jarang terjadi, seseorang bisa mengalami alergi terhadap sawo. Buah ini mengandung protein yang dapat memicu reaksi alergi pada orang yang memiliki kondisi tersebut.

Adapun gejala yang muncul akibat alergi sawo dapat berupa ruam dan gatal pada kulit, bengkak di bibir atau tenggorokan, gangguan pernapasan, hingga anafilaksis.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ini 4 Efek Samping Makan Sawo bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Berlebihan"