27 August 2024

Fenomena 6 Planet Sejajar Akan Terjadi pada 28 Agustus 2024 Dini Hari

Fenomena 6 Planet Sejajar 28 Agustus 2024, Bisa Dilihat Jam Berapa? Foto: BBC Magazine

Kalian yang ketinggalan fenomena enam planet sejajar 3-4 Juni lalu, ada beberapa kesempatan untuk mengamati fenomena langka ini. Parade planet akan hadir lagi pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Planet sejajar (planetary alignment) adalah istilah astronomi yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa ketika beberapa planet berkumpul berdekatan di satu sisi Matahari pada saat bersamaan. Sedangkan parade planet adalah istilah sehari-hari yang berarti, beberapa planet hadir di langit dalam satu malam.

6 Planet Sejajar 28 Agustus 2024

Mulai dini hari (sekitar pukul 03.00 WIB) Rabu 28 Agustus 2024, enam planet: Merkurius, Mars, Jupiter, Uranus, Neptunus, dan Saturnus, akan sejajar di langit.

Dikutip dari Starwalk Space, kalian akan bisa melihat Merkurius, Mars, Jupiter, dan Saturnus dengan mata telanjang, namun Merkurius akan lebih dekat ke cakrawala dan lebih sulit dikenali. Untuk melihat Neptunus dan Uranus, kalian memerlukan teleskop atau teropong khusus.

Mari kita cermati lebih dekat kondisi untuk mengamati planet-planet tersebut:
  • Saturnus (magnitudo 0,6) akan berada di langit mulai sore hari. Saturnus akan terlihat dengan mata telanjang di konstelasi Aquarius.
  • Neptunus (mag 7,8) akan berada di konstelasi Pisces, tetapi kalian memerlukan teropong khusus untuk melihatnya. Di pagi hari, saat planet-planet lain terbit, Saturnus dan Neptunus akan bergerak turun ke cakrawala barat.
  • Malamnya, Uranus (mag 5,7) akan muncul. Uranus akan berada di konstelasi Taurus, terlihat dengan teropong berdaya tinggi. Jupiter (mag -2,3) dan Mars (mag 0,8) akan muncul berikutnya. Planet-planet tersebut akan terlihat dengan mata telanjang di konstelasi Taurus. Bulan sabit yang memudar juga akan bersinar di dekatnya, memberikan pemandangan yang lebih spektakuler.
  • Saat fajar, Merkurius (mag 1,7) akan terbit. Planet ini akan berada di konstelasi Leo dan terlihat dengan mata telanjang, tetapi jangan menunggu terlalu lama agar bisa melihatnya, karena Matahari akan segera terbit di sebelahnya.
Untuk memastikan kalian menemukan planet dengan benar, bisa unduh aplikasi seperti Sky Tonight. Aplikasi pengamatan bintang ini gratis dan memudahkan untuk mengidentifikasi objek langit apa pun di langit.

Untuk mengetahui nama objek di atas kalian, tinggal buka aplikasi dan arahkan ponsel ke langit, dan kalian akan melihat nama-nama planet yang muncul saat itu dan dapat mempelajari lebih lanjut tentang masing-masing planet.

Planet Sejajar Berikutnya

Setelah 28 Agustus 2024, fenomena serupa akan terjadi, 5 sampai 7 planet akan sejajar di langit. Berikut adalah daftar kesejajaran planet berikutnya yang menampilkan 5 hingga 7 planet:
  • 18 Januari 2025: Mars, Jupiter, Uranus, Neptunus, Saturnus, dan Venus
  • 28 Februari 2025: kesejajaran penuh Saturnus, Merkurius, Neptunus, Venus, Uranus, Jupiter, dan Mars di malam hari
  • 29 Agustus 2025: Merkurius, Venus, Jupiter, Uranus, Neptunus, dan Saturnus.

























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Fenomena 6 Planet Sejajar 28 Agustus 2024, Bisa Dilihat Jam Berapa?"