15 August 2024

Fenomena 'Marriage is Scary' Jadi Trending di Medsos, Nikah Menakutkan?

Ilustrasi menikah (Foto: Getty Images/iStockphoto/Kostyazar)

Fenomena 'marriage is scary' atau pernikahan yang menakutkan belakangan ramai dibahas di media sosial. Tren ini dimulai dari banyaknya video yang menunjukkan bayangan betapa menakutkannya pernikahan bagi seorang perempuan.

Terlebih, baru-baru ini beredar viral video kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang diduga dialami oleh Selebgram Cut Intan Nabila. Tak sedikit netizen yang mengomentari video tersebut dengan istilah 'marriage is scary'.

Psikolog klinis Veronica Adesla mengatakan istilah tersebut muncul dari kejadian-kejadian pernikahan yang membuat seseorang merasa ketakutan untuk menikah.

Menurutnya, istilah ini merupakan kesimpulan yang ditarik oleh seseorang saat melihat kejadian pernikahan yang tak menyenangkan.

"Yang tadinya menikah itu pasti semua orang pengennya bahagia gitu, tapi ternyata cukup banyak juga yang mereka lihat. 'Oh menikah itu malah menjadi hal yang membuat menyengsarakan, membuat menderita, membuat malah ya terjadi kekerasan' seperti ini kan," imbuhnya saat dihubungi detikcom, Rabu (14/8/2024).

"Nah ini yang kemudian memungkinkan muncul istilah tersebut gitu, bahwa ternyata menikah itu tidak membuat bahagia loh gitu. Malah menikah itu membuat kita menjadi lebih buruk dan lebih sengsara dari sebelumnya gitu," katanya lagi.

Imbas video pernikahan yang tak menyenangkan, tak sedikit wanita yang mungkin takut untuk menikah. Karenanya, kata Veronica, sebelum menikah penting untuk mengenali pasangan. Jangan sampai setelah menikah, yang tadinya untuk mencari kebahagiaan, malah berubah menjadi kesengsaraan.

"Lebih baik kita melakukan seleksi lah ya. Mengenai pasangan kita orangnya seperti apa? Karakternya seperti apa? Kalau dia marah seperti apa? Riwayat hidupnya mungkin seperti apa? Gimana dia di mata keluarga?" katanya lagi.

"Gimana dia di mata teman-teman? Kemudian bagaimana perspektif dia tentang hidup? Apa yang dia cita-citakan dalam hidup? Apa yang dia lihat mengenai pernikahan gitu? Apa yang dia bayangkan mengenai pernikahan? Dan bagaimana dia melihat pasangan?" lanjutnya lagi.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ramai Istilah 'Marriage is Scary' di Medsos, Nikah Beneran Seseram Itu?"