20 August 2024

Hadapi Kasus Cacar Monyet, Ini yang Dilakukan Kemenkes

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/JUN LI)

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) tengah menyiapkan vaksin untuk penanganan kasus 'cacar monyet' atau Mpox di Indonesia. Plh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI dr Yudhi Pramono, MARS menuturkan vaksin Mpox nantinya akan didatangkan dari Denmark serta bantuan dari ASEAN.

dr Yudhi menuturkan bantuan dari ASEAN untuk vaksin Mpox nantinya berjumlah 2.850 dosis. Selain itu, Kemenkes juga akan memesan vaksin sebanyak 1.600 vial dari Denmark.

"Untuk vaksinasi sedang kami proses. Terkait vaksinasi kita mendapat bantuan dari ASEAN, ada kurang lebih 2.850 dosis vaksin Mpox," ucap dr Yudhi dalam konferensi pers, Minggu (18/9/2024).

Kemenkes melaporkan hingga hari Sabtu kemarin, terdapat 88 kasus Mpox terkonfirmasi di Indonesia. DKI Jakarta menempati urutan pertama dengan jumlah terbanyak dengan 59 kasus konfirmasi.

Selanjutnya diikuti oleh Jawa Barat dengan 13 kasus, Banten 9 kasus, Jawa Timur, 3 kasus, DI Yogyakarta 3 kasus, dan Kepulauan Riau 1 kasus.

Tercatat dari keseluruhan kasus tersebut, 87 di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Jika dilihat dari tren mingguan kasus Mpox dari 2022 sampai 2024, periode dengan kasus terbanyak terjadi pada Oktober 2023.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga sebelumnya telah menyatakan Mpox sebagai darurat kesehatan global untuk yang kedua kalinya imbas kenaikan kasus yang cukup tinggi di Afrika dan sejumlah negara lain. Varian Clade IB yang diyakini lebih 'berbahaya' juga mulai menyebar di sejumlah negara seperti Swedia hingga Pakistan.

Pihak Kemenkes memastikan bahwa varian tersebut belum ditemukan di Indonesia. Dari 88 kasus yang terkonfirmasi, sebanyak 54 kasus memenuhi kriteria untuk dilakukan tes demi mengetahui varian virusnya.

"Dari 54 kasus ini seluruhnya varian Clade IIB. Clade II ini mayoritas menyebarkan wabah Mpox pada Tahun 2022 hingga saat ini dengan fatalitas lebih rendah dan ditularkan sebagian besar dari kontak seksual," ujar dr Yudhi.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Darurat Cacar Monyet, Kemenkes Siapkan Vaksin dari ASEAN hingga Denmark"