30 August 2024

Ini Gejala Mpox yang Sering Terlihat pada Anak dan Remaja

Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d

Kelompok anak dan remaja juga rentan terpapar 'cacar monyet' Mpox. Penularannya bisa terjadi melalui kontak kulit dengan pasien Mpox, seperti berpelukan, saat mengasuh, atau saat tidur bersama.

Kontak risiko penularan semakin tinggi saat anak terkena dengan cairan tubuh hingga sekresi pernapasan pasien yang terpapar Mpox.

Sebuah laporan yang diterbitkan pada 3 November 2022, menjelaskan gambaran epidemiologis dan klinis dari 83 kasus infeksi pada anak-anak dan remaja di AS. Di antaranya, terdapat:
  • 16 kasus pada anak-anak
  • 12 kasus pada anak-anak usia 5-12 tahun
  • 55 kasus pada remaja usia 13-17 tahun
Sebagian besar remaja atau 89 persen di antaranya adalah laki-laki. Cara paparan yang paling umum untuk anak-anak kurang dari 12 tahun adalah kontak fisik dekat dengan anggota rumah tangga dewasa yang mengidap Mpox, sedangkan untuk remaja paparan yang paling umum adalah melalui kontak lelaki seks dengan lelaki (LSL).

Apa Gejala Mpox pada Anak?

Mirip dengan infeksi pada orang dewasa, tanda Mpox yang paling umum pada anak-anak dan remaja adalah ruam yang berkembang dari lesi makulopapular menjadi vesikel, pustula, dan akhirnya koreng.

Laporan historis infeksi Mpox klade I atau II pada anak-anak dan remaja menggambarkan ruam tersebut sering disertai dengan demam, menggigil, berkeringat, limfadenopati, sakit tenggorokan, sakit kepala, atau myalgia. Namun, selama wabah saat ini, demam dan limfadenopati tidak selalu terjadi.

Gejala lain mungkin termasuk kelelahan dan sakit kepala. Kesulitan menelan atau batuk dapat terjadi jika terdapat lesi orofaring. Lesi intraokular, pembengkakan kelopak mata, atau pengerasan kelopak mata dapat terjadi jika terdapat lesi di dekat atau di mata pasien.

Ruam mpox dapat disalahartikan dengan penyakit ruam lain yang umumnya terjadi pada anak-anak, termasuk varicella klasik (cacar air) dan varicella zoster (herpes zoster), hand foot and mouth disease (HFMD), campak, kudis, moluskum kontagiosum, herpes, sifilis, ruam kulit alerg, dan berbagai infeksi kongenital. Infeksi bersamaan dengan mpox mungkin terjadi.

Jika diindikasikan berdasarkan presentasi klinis, evaluasi untuk etiologi selain Mpox harus dilakukan pada saat pengujian mpox, terutama jika tidak ada hubungan epidemiologis dengan orang dengan pasien Mpox yang telah diidentifikasi.

Dalam laporan CDC AS, distribusi ruam pada anak-anak sebagian besar terjadi di badan dan wajah, tidak ada anak-anak kurang dari 12 tahun yang memiliki lesi di bagian genital.

Sebaliknya, sebagian besar remaja menunjukkan lesi anogenital. Sekitar 11 persen dari 83 anak-anak dan remaja dirawat di rumah sakit tanpa memerlukan perawatan intensif, 22 persen diobati dengan tecovirimat, semua pasien pulih tanpa gejala sisa.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Beda Gejala Mpox pada Anak, Ruam Paling Banyak Berada di Area Ini"