27 August 2024

Ini Jenis Olahraga yang Paling Banyak Bakar Kalori dan Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Inside Creative House)

Selain meningkatkan rasa percaya diri, memiliki berat badan ideal juga dapat menurunkan risiko seseorang terserang berbagai penyakit. Karena hal itu, tak heran apabila banyak orang ingin mengetahui jenis-jenis olahraga menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak-lemak di tubuh.

Terdapat beberapa pilihan olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, aktivitas ini juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya agar hasilnya maksimal. Dikutip dari Healthline, berikut olahraga paling banyak membakar kalori yang bisa dilakukan di rumah.

1. High-knee
High-knee adalah latihan kardio yang dapat membakar banyak kalori. High-knee selama 30 menit dapat membakar 240-355,5 kalori.

High-knee pun tidak sulit untuk dilakukan. Sekilas, latihan ini mirip lari dengan lari di tempat, namun lutut diangkat setinggi mungkin. Berikut cara melakukan high-knee:
  • Berdiri tegak dengan kedua kaki terbuka selebar pinggul atau bahu
  • Angkat lutut kanan sejajar atau sedikit di atas pinggang sambil mengangkat tangan kiri ke atas (seperti sedang lari)
  • Turunkan kaki dan tangan dengan cepat
  • Ulang gerakan dengan kaki kiri dan tangan kanan
2. Mountain Climbers
Mountain climbers adalah olahraga kardio yang juga bisa membentuk otot. Melakukan mountain climbers selama 30 menit dapat membakar sekitar 240-355,5 kalori.

Berikut cara melakukan mountain climbers:
  • Mulai dari posisi plank, sejajarkan tangan dengan bahu
  • Kencangkan otot inti (core), angkat lutut kanan ke arah dada
  • Kembali ke posisi plank awal, ulangi gerakan dengan lutut kiri
  • Lakukan kedua gerakan dengan cepat
3. Jalan Kaki
Olahraga untuk membakar kardio tidak harus selalu intens. Bahkan, sesimpel jalan kaki saja dapat membantu membakar kardio dan menurunkan berat badan.

Berjalan kaki dapat membakar 3,1-4,6 kalori per menit. Karena itu, semakin lama berjalan kaki tentu semakin banyak pula kalori yang terbakar. Jalan kaki pun terbilang murah meriah karena tidak membutuhkan perlengkapan khusus.

4. Lari
Sejak lama, lari menjadi salah satu olahraga andalan untuk membakar kalori. Tentu bukan tanpa alasan, karena lari ternyata bisa membakar 10,8-16 kalori per menit.

Lari juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Meski bisa dilakukan tanpa perlengkapan khusus, sebaiknya gunakan sepatu khusus lari untuk melindungi kaki dan meminimalisir risiko cedera.

5. Jumping Jacks
Jumping jacks adalah olahraga membakar kardio yang tidak membutuhkan banyak ruang. Karenanya, latihan ini mudah dilakukan di rumah.

Olahraga ini dapat membakar 8-11,8 kalori per menit. Berikut cara melakukan jumping jacks:
  • Berdiri dengan kedua kaki rapat, letakkan tangan di samping tubuh
  • Lompat sambil membuka kedua kaki selebar bahu, angkat tangan di atas kepala
  • Kembali ke posisi awal, lalu ulangi gerakan hingga mencapai repetisi yang diinginkan
6. Lompat Tali
Lompat tali juga termasuk olahraga simpel yang bisa membakar banyak kalori. Olahraga ini bisa membakar 7,6-9,8 kalori per menit. Selain itu, lompat tali juga dapat melatih atau membentuk kekuatan otot tubuh bagian bawah.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Jenis Olahraga yang Paling Banyak Bakar Kalori, Bisa Dilakukan di Rumah"