17 August 2024

Ini yang Dilakukan Korsel untuk Kurangi Risiko Serangan Kutu Busuk dari Paris

Kutu busuk. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Dzurag)

Korea Selatan mengerahkan anjing pelacak kutu busuk di bandara internasional, utamanya untuk mengurangi risiko serangga tersebut masuk ke Korsel setelah Olimpiade Paris selesai.

Ceco, anjing beagle berusia dua tahun, memimpin kampanye di Bandara Internasional Incheon sebagai satu-satunya anjing yang dilatih di negara tersebut untuk mendeteksi bau feromon yang dikeluarkan kutu busuk.

"Anjing tersebut dapat memeriksa makhluk penghisap darah di kamar hotel standar dalam waktu kurang dari dua menit," kata Kim Min-su dari perusahaan pengendalian hama Cesco, dikutip dari Sky News, Kami (15/8/2024).

Tahun lalu, pihak berwenang di Paris berlomba-lomba untuk meredakan kepanikan nasional sebelum dimulainya Olimpiade setelah kutu busuk dilaporkan muncul di banyak tempat, termasuk rumah-rumah, bioskop, rumah sakit, dan stasiun kereta api.

Karena khawatir wabah tersebut dapat merusak acara, pihak berwenang melakukan kampanye untuk membasmi hama apapun.

Pemerintah Korea Selatan mengatakan hal ini dilakukan sebagai respons pencegahan untuk mencegah masuknya [serangga] melalui bandara internasional Incheon, yang merupakan pintu gerbang utama ke negara tersebut.

Cesco telah bekerja sama dengan kementerian transportasi dan keamanan negara tersebut, serta badan pengendalian dan pencegahan penyakit, dan bekerja sama dengan maskapai penerbangan dan bandara untuk memeriksa para pelancong saat kedatangan.

Penerbangan yang tiba langsung dari Paris didisinfeksi seminggu sekali dibandingkan dengan kebiasaan normal sebulan sekali. Layanan karantina bandara sedang dipersiapkan untuk turun tangan jika wabah terdeteksi di pesawat terbang atau di bandara.

Korea Selatan mengirim 144 atlet untuk bertanding di Olimpiade, yang secara resmi berakhir pada Minggu malam, menempati posisi kedelapan dalam tabel medali keseluruhan dengan 13 emas, sembilan perak, dan 10 perunggu.

Ceco dan timnya telah dikerahkan saat lebih banyak atlet, penggemar, dan ofisial mulai berdatangan kembali dari Paris dan akan terus bekerja hingga 8 September.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Waswas Kemasukan Kutu Busuk dari Paris, Begini Siasat Korsel"