01 August 2024

Makanan Ini Bila Dikonsumsi Bisa Bantu Cegah Pikun

Ilustrasi. (Foto: thinkstock)

Otak merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Organ ini berfungsi untuk menjaga detak jantung, pernapasan pada paru, serta memungkinkan tubuh bergerak, merasakan, dan berpikir.

Mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu menjaga otak tetap dalam kondisi yang prima. Hal ini penting untuk mencegah masalah kesehatan pada otak, salah satunya kepikunan.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kepikunan dan meningkatkan kesehatan otak dikutip dari Healthline:

1. Ikan
Ikan yang mengandung lemak sehat menjadi urutan teratas sebagai makanan yang baik untuk kesehatan otak. Ini mengandung sumber asam lemak omega-3 yang kaya. Ikan berlemak yang dapat dikonsumsi meliputi salmon, trout, tuna albacore, herring, dan sarden.

Sekitar 60 persen otak terbuat dari lemak dan lebih dari setengah lemak tersebut terdiri dari asam lemak omega-3. Asam lemak tersebut digunakan untuk membangun sel-sel otak dan saraf, ini penting untuk proses belajar dan memori.

Omega-3 dapat memperlambat penurunan mental terkait usia dan membantu mencegah penyakit alzheimer.

2. Bluberi
Bluberi merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Buah ini mengandung antosianin, sekelompok senyawa tanaman yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan.

Antioksidan bekerja melawan stres oksidatif dan peradangan yang dapat umum dapat menyebabkan penuaan otak serta penyakit neurodegeneratif. Beberapa antioksidan dalam bluberi ditemukan terakumulasi di otak dan membantu meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak.

3. Kunyit
Kunyit mengandung kurkumin, sebuah bahan aktif yang telah terbukti dapat melewati sawar darah-otak, yang membuatnya bisa langsung masuk ke dalam otak. Kurkumin adalah senyawa antioksidan dan anti-peradangan yang dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan daya ingat, meringankan depresi, hingga membantu pertumbuhan sel baru.

Kandungan kurkumin dapat membantu meningkatkan daya ingat pada pengidap alzheimer. Senyawa ini juga dapat membantu membersihkan plak amiloid yang muncul akibat alzheimer.

Sebagian besar penelitian menggunakan suplemen kurkumin yang terkonsentrasi dalam dosis berkisar 500-2.000 mg setiap hari.

4. Brokoli
Brokoli mengandung senyawa tanaman yang kuat termasuk antioksidan. Sayuran ini juga mengandung vitamin K tinggi yang penting untuk membentuk sphingolipid, sejenis lemak pada yang ada di dalam sel-sel otak.

Beberapa penelitian pada orang dewasa menghubungkan asupan vitamin K yang lebih tinggi dengan memori dan status kognitif yang lebih baik. Brokoli juga mengandung senyawa, seperti sulforafan, yang memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan dan dapat membantu melindungi otak dari kerusakan.

5. Telur
Telur mengandung banyak sekali nutrisi baik seperti vitamin B6 dan B12, folat, dan kolin. Kolin merupakan mikronutrien yang penting digunakan tubuh untuk membuat asetilkolin.

Aseltikolin merupakan neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati dan memperkuat memori. Asupan kolin yang cukup adalah 425 mg per hari untuk sebagian besar wanita dan 550 mg per hari untuk pria. Satu butir telur mengandung sekitar 147 mg kolin.

Vitamin B yang ada di dalam telur juga sangat baik untuk mendukung kesehatan otak. Kandungan ini membantu memperlambat perkembangan penurunan mental pada orang dewasa yang lebih tua dengan menurunkan kadar homosistein, asam amino yang dikaitkan dengan demensia dan alzheimer.

6. Kopi
Kopi memiliki dua kandungan utama berupa kafein dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan otak. Kafein yang ada di dalam kopi dikaitkan dengan sejumlah manfaat seperti meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan suasana hati, hingga meningkatkan konsentrasi.

Dalam beberapa penelitian, minum kopi dalam jangka panjang juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurologis, seperti alzheimer dan parkinson. Penurunan risiko terbesar terlihat pada orang dewasa yang mengonsumsi sekitar 3-4 cangkir sehari.

Hal ini sebagian disebabkan juga oleh antioksidan dengan konsentrasi tinggi di dalamnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ingatan Makin Jos! Ini 6 Makanan yang Bisa Bantu Cegah Pikun"