09 August 2024

Menu Sarapan Rendah Kalori yang Bisa Bantu Turunkan BB

Ilustrasi. (Foto: iStock)

Sarapan sering disebut sebagai waktu makan paling penting dalam sehari. Salah satu alasannya karena dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan aktivitas.

Sarapan juga dapat menentukan pola makan sepanjang hari. Seseorang yang melewatkan sarapan cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan saat jam makan siang atau malam.

Di sisi lain, mereka yang mengonsumsi makanan bergizi seimbang saat sarapan memiliki kontrol nafsu makan yang lebih baik, yang kemudian berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Selain memilih makanan bergizi, perlu juga untuk memerhatikan jumlah kalori makanannya. Kalori adalah salah satu aspek penting dalam proses penurunan berat badan. Seseorang yang mengonsumsi makanan berkalori tinggi mungkin lebih kesulitan menurunkan berat badan.

Sebaliknya, orang yang mengonsumsi makanan sehat dan rendah kalori cenderung lebih mudah mencapai berat badan ideal. Apalagi jika dikombinasikan dengan gaya hidup yang aktif.

Lantas, apa saja menu sarapan rendah kalori yang bisa membantu menurunkan berat badan? Dikutip dari Healthline, berikut daftarnya.

1. Oat
Bicara soal sarapan sehat, mungkin salah satu yang langsung terlintas di pikiran adalah oat. Selain rendah kalori, makanan ini juga kaya akan protein dan serat, dua nutrisi yang berperan penting dalam menurunkan berat badan.

Setengah cangkir oat (40 gram) memiliki 154 kalori, 5 gram protein, dan 4 gram serat. Kandungan protein dan serat yang cukup tinggi ini bisa meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

2. Kentang
Kentang juga dapat diolah menjadi menu sarapan rendah kalori, tapi tetap mengenyangkan. Salah satu cara paling sehat untuk memasak kentang adalah dengan merebus atau mengukusnya.

Satu buah kentang yang dikukus dengan kulitnya memiliki 161 kalori, serta 4 gram protein dan serat. Kentang juga mengandung karbohidrat kompleks yang lama dicerna, sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

3. Keju Cottage
Keju cottage tidak hanya cocok untuk camilan, tapi juga bisa diolah menjadi menu sarapan sehat dan rendah kalori. Satu cangkir (226 gram) keju cottage memiliki 163 kalori serta 28 gram protein.

Sejumlah studi menunjukkan konsumsi makanan berprotein seperti keju cottage dapat mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

4. Telur
Telur adalah makanan padat nutrisi yang mudah untuk didapat. Telur juga rendah kalori, sehingga menjadikannya menu sarapan yang ideal untuk menurunkan berat badan.

Satu butir telur berukuran besar memiliki 72 kalori, 6 gram protein, serta beragam vitamin dan mineral penting.

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 30 orang menemukan mereka yang mengonsumsi telur saat sarapan merasakan kenyang yang lebih lama, dan mengonsumsi 105 kalori lebih sedikit di waktu makan berikutnya.

5. Daging Rendah Lemak
Daging adalah salah satu sumber utama protein hewani. Seperti yang disebutkan sebelumnya, protein dapat meningkatkan rasa kenyang dan menekan nafsu makan.

Namun jika ingin mendapatkan manfaat menurunkan berat badan, pilihlan potongan daging yang rendah lemak. Pasalnya, potongan daging tersebut cenderung memiliki kalori dan lemak yang lebih sedikit dibandingkan bagian lainnya.

Misalnya, 113 gram dada ayam yang sudah dimasak memiliki 163 kalori dan 32 gram protein.

Sebuah studi juga menunjukkan mereka yang mengonsumsi makanan tinggi protein akan mengonsumsi 12 persen lebih sedikit makanan saat makan malam.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Menu Sarapan Rendah Kalori untuk Menurunkan BB, Enak dan Bikin Kenyang"