07 August 2024

Minuman Ini Cocok Dikonsumsi Saat Diet Intermittent Fasting

Foto: Getty Images/iStockphoto

Program diet intermittent fasting (IF) atau puasa intermiten akhir-akhir cukup viral di media sosial. Pasalnya, aktris kenamaan Indonesia, Marshanda sukses menurunkan berat badannya hingga 17 kg dengan program diet ini.

Sebagai informasi, intermittent fasting merupakan program diet yang melibatkan siklus makan dan tidak makan secara bergantian. Jadwal waktu 'berpuasa' juga bervariasi, setiap orang mungkin akan memiliki jadwal yang berbeda, sesuai dengan kemampuan tubuh masing-masing.

Saat menjalani program diet ini, ada beberapa rekomendasi minuman yang bisa dimasukkan ke dalam menu ketika intermittent fasting. Dikutip dari Women's Health, berikut penjelasannya.

1. Kopi Hitam
Kopi hitam bebas kalori, sehingga minuman ini bisa menjadi pilihan ketika intermittent fasting. Menambahkan gula, krim, atau susu sebaiknya dihindari karena dapat menambah kalori pada kopi.

Selain itu, hindari minum lebih dari satu cangkir atau beralihlah ke kopi tanpa kafein saat puasa intermiten. Kafein yang berlebihan, terutama saat perut kosong dapat meningkatkan perasaan gelisah yang seringkali meningkatkan nafsu makan dan keinginan untuk ngemil.

2. Teh
Teh bebas kalori dan mengandung zat antioksidan tinggi, sehingga bisa menjadi pilihan ketika melakukan intermittent fasting. Perlu diingat, teh yang dianjurkan adalah yang diseduh dari kantong teh, daun teh, atau serpihan teh.

Hindari untuk meminum teh dalam kemasan. Hal ini karena teh dalam botol banyak mengandung bahan tambahan lain seperti gula.

3. Air Putih
Air secara alami bebas kalori, jadi seseorang tidak perlu ragu untuk meminumnya ketika puasa intermiten. Selain itu, meminum air yang cukup dapat memastikan tubuh tetap terhidrasi, serta untuk mengisi perut dan mencegah lapar.

4. Air Lemon
Lemon kaya antioksidan dan vitamin C yang mampu mendukung metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Selain itu, air lemon juga terbilang menyegarkan dan beraroma, ini bisa menjadi tambahan di samping air putih.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Minuman yang Cocok Dikonsumsi saat Diet Intermittent Fasting, Tak Cuma Air Putih"