30 August 2024

Olahraga Ini Cocok untuk Usia 50-an

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Seiring bertambahnya usia, otot-otot tubuh akan mulai mengalami penurunan fungsi. Akibatnya, aktivitas fisik pun jadi terbatas.

Meski begitu, usia seharusnya tidak menjadi halangan untuk tetap aktif berolahraga. Selain membantu menjaga kekuatan otot, olahraga secara rutin juga dapat memelihara kesehatan secara keseluruhan serta mengurangi risiko berbagai macam penyakit.

Lantas, apa saja jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh orang berusia 50 tahun ke atas agar tetap bugar? Berikut penjelasannya.

1. Jalan cepat
Jalan cepat adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan siapa saja, termasuk orang yang sudah berusia 50-an. Dikutip dari GoodRx, olahraga intensitas sedang seperti berjalan dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif yang cenderung menurun seiring pertambahan usia.

Studi juga menemukan orang lanjut usia (lansia) yang berjalan kaki selama 15 menit empat kali dalam seminggu memiliki risiko lebih kecil mengalami kematian dini, dibandingkan mereka yang jarang berjalan kaki.

2. Bersepeda
Bersepeda juga merupakan salah satu olahraga yang memberikan banyak manfaat untuk orang yang sudah berusia 50-an. Dikutip dari WebMD, bersepeda dapat meningkatkan detak jantung dan kapasitas paru-paru. Hal ini sangat penting untuk membantu beraktivitas sehari-hari.

Olahraga ketahanan seperti bersepeda juga dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes, kanker usus besar, kanker payudara, dan penyakit jantung.

3. Squat
Orang yang berusia 50-an tetap perlu melakukan latihan kekuatan otot. Nah, salah satu latihan kekuatan yang paling ringan adalah squat.

Squat bertujuan untuk membentuk otot tubuh bagian bawah. Otot-otot ini sangat penting untuk menopang tubuh ketika beraktivitas. Squat juga dapat melatih keseimbangan, sehingga mengurangi risiko terjatuh yang kerap dialami orang lanjut usia.

4. Biceps curls
Hampir setiap hari kita mengangkat sesuatu, entah itu kursi, meja, kardus berisikan barang-barang, dan lain sebagainya. Untuk bisa melakukan aktivitas ini, tentunya dibutuhkan kekuatan otot lengan.

Salah satu cara terbaik melatih otot lengan di usia 50-an adalah dengan biceps curls. Olahraga ini tidak hanya membentuk otot lengan, tapi juga meningkatkan kekuatan cengkraman tangan.

Biceps curls tidak harus dilakukan dengan menggunakan dumbbell kok. Olahraga ini bisa dilakukan dengan barang-barang yang ada di sekitar, seperti botol air minum kemasan, kaleng minuman, buku, dan lain sebagainya.

5. Menari
Menari adalah salah satu latihan aerobik yang cocok dilakukan oleh orang berusia 50-an. Selain menyenangkan, menari dapat melatih hampir seluruh otot tubuh.

Karena menari juga termasuk latihan kardio, aktivitas fisik ini memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan kardiovaskular.

6. Peregangan
Peregangan merupakan suatu bentuk latihan yang sangat penting untuk dilakukan secara rutin, terutama bagi orang yang sudah berusia 50-an. Peregangan tidak hanya berfungsi mempertahankan fleksibilitas tubuh, tapi juga dapat mengurangi nyeri pada persendian.

Yoga dan pilates adalah contoh latihan peregangan yang memberikan banyak manfaat. Selain melatih kelenturan, olahraga tersebut juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan menurunkan tingkat stres.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Rekomendasi Olahraga Ringan untuk Usia 50-an, Bikin Tetap Bugar"