25 August 2024

Tips Sederhana untuk Hilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu

Ilustrasi bau ketiak. (Foto: Getty Images/Ake Ngiamsanguan)

Bau ketiak merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Sebenarnya apa sih langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini? Terlebih, kondisi ini juga bisa membuat orang-orang di sekitar menjadi tidak nyaman.

Dikutip dari Medical News Today, keringat yang keluar tubuh merupakan salah satu faktor utama dari munculnya aroma tidak sedap. Ketika sedang berolahraga atau kepanasan, kelenjar mengeluarkan keringat untuk mendinginkan tubuh.

Keringat yang keluar dari tubuh sebenarnya tidak memiliki bau. Namun, ketika keringat mengering, cairan tersebut dapat memunculkan bau. Cairan keringat yang bercampur dengan bakteri juga dapat memunculkan bau badan yang khas.

Beberapa jenis makanan seperti bawang putih, bawang merah, rempah-rempah kari, hingga makanan mengandung sulfur seperti brokoli, kembang kol, dan kubis juga dapat memengaruhi bau badan.

Tak perlu khawatir berlebihan, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk meredakan bau ketiak yang bisa mengganggu:

1. Rajin Mandi
Kebersihan tubuh sangat berpengaruh pada munculnya bau ketiak. Ketika badan tidak dibersihkan dengan baik, maka bakteri penyebab bau ketiak bisa dapat tumbuh dengan 'subur'.

Rutin mandi setiap hari dengan sabun, khususnya setelah berolahraga sangat disarankan. Pastikan juga pakaian yang digunakan setiap hari dalam harus kondisi bersih untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

2. Pakai Antiperspirant
Antiperspirant mengandung bahan kimia yang dapat menghentikan seseorang dari keringat berlebih. Bahan kimia dari alat tersebut dapat menyumbat kelenjar keringat dan 'memberitahu' tubuh untuk berhenti memproduksi keringat.

Pada kondisi tertentu seperti pada orang yang memiliki masalah hiperhidrosis atau keringat berlebih, antiperspirant mungkin tidak akan terlalu berpengaruh. Melakukan konsultasi ke dokter juga sangat disarankan.

3. Cukur Rambut Ketiak
Mencukur rambut ketiak bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah bau badan. Kombinasikan dengan deodoran serta parfum untuk menutupi bau badan yang tidak enak.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 menemukan bahwa mencukur atau mencabut rambut ketiak secara signifikan mengurangi bau ketiak. Proses pembersihan kulit menjadi lebih efektif apabila rambut ketiak dibersihkan.

4. Pakai Baju Nyaman
Jenis pakaian yang digunakan ketika beraktivitas juga sangat mempengaruhi bau badan seseorang. Cobalah kenakan baju yang longgar dan bisa menyerap keringat seperti katun, linen, atau campuran bahan kain yang menyerap keringat.

Pakaian seperti ini dapat membuat badan menjadi lebih sejuk dibandingkan pakaian ketat yang dibuat dengan kain yang tidak menyerap keringat. Untuk orang yang sangat mudah berkeringat, sangat disarankan menggunakan pakaian sejenis ini.

5. Kelola Stres
Stres menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang memproduksi keringat berlebih. Teknik manajemen stres dan pengurangan kecemasan dapat membantu tubuh mengatur reaksi stres serta meminimalkan respons keringat fisiologis.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bukan Pakai Parfum, Ini Cara Simpel Enyahkan Bau Ketiak yang Mengganggu"