09 August 2024

Tips untuk Atasi Bila Gula Darah Melonjak di Pagi Hari

Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Kadar gula darah seseorang bisa berubah-ubah sepanjang waktu. Biasanya, hal ini dipengaruhi oleh faktor makanan dan tingkat aktivitas.

Kadar gula darah juga bisa meningkat pada waktu tertentu. Misalnya, saat bangun tidur di pagi hari.

Dikutip dari Medical News Today, peningkatan kadar gula darah di pagi hari adalah sesuatu yang wajar. Bahkan ketika seseorang menjaga kadar gula darahnya dengan baik, dirinya tetap bisa mengalami lonjakan gula darah saat bangun pagi.

Penyebab Gula Darah Naik di Pagi Hari

Secara umum, ada tiga hal yang memicu peningkatan kadar gula darah di pagi hari, yaitu:

1. Fenomena Fajar
Fenomena fajar atau dawn phenomenon adalah salah satu kadar gula darah melonjak di pagi hari. Fenomena fajar disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh.

Hormon, seperti kortisol, glukagon, epinefrin, dan hormon pertumbuhan dikenal juga sebagai hormon kontraregulasi. Aktivitas hormon-hormon ini dapat memengaruhi kadar gula darah. Misalnya, aktivitas kortisol dan hormon pertumbuhan umumnya meningkat setiap hari untuk merangsang hati memproduksi glukosa saat fajar.

Inilah yang membuat setiap orang mengalami sedikit peningkatan gula darah di pagi hari. Orang yang sehat tidak akan mengalami efek samping akibat fenomena fajar, karena tubuhnya bisa memproduksi insulin untuk menyesuaikan diri.

Namun bagi pengidap diabetes, tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin yang cukup atau efektif. Akibatnya, kadar gula darah mereka bisa naik drastis hingga membutuhkan penanganan untuk menyesuaikan kadar gula darahnya.

2. Efek 'Somogyi'
Beberapa ilmuwan percaya ada hal lain yang menyebabkan kenaikan gula darah di pagi hari, yaitu efek Somogyi. Efek somogyi adalah meningkatnya kadar gula darah sebagai respon terhadap hipoglikemia yang terjadi di malam hari.

Efek somogyi dapat terjadi ketika seseorang tidak mengonsumsi cukup makanan sebelum tidur, atau tidak menyuntikkan terlalu banyak insulin (bagi pengidap diabetes tipe 1).

Sebuah studi pada 2015 juga menunjukkan efek Somogyi adalah penyebab lonjakan gula darah yang paling umum pada pasien diabetes tipe 1 dan kontrol glikemik buruk.

Cara Mengatasi Kenaikan Kadar Gula Darah di Pagi Hari

Dikutip dari Very Well Health, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghindari lonjakan gula darah di pagi hari, antara lain:

1. Menambah Rutinitas Olahraga
Olahraga dapat menurunkan gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin. Hal ini membuat sel tubuh dapat menggunakan insulin dan glukosa dengan lebih baik.

2. Membatasi Asupan Karbohidrat Sebelum Tidur
Tubuh mengubah seluruh karbohidrat yang dikonsumsi menjadi glukosa. Jika karbohidrat dikonsumsi larut malam, kadar glukosa dalam darah akan meningkat karena kadar insulin mulai menurun.

3. Kurangi Asupan Lemak saat Makan Malam
Makan malam berlemak tinggi dapat menunda kenaikan glukosa setelah makan hingga keesokan harinya. Makanan berlemak juga berkontribusi terhadap obesitas, salah satu faktor risiko utama diabetes tipe 2.

4. Tidur yang Cukup
Kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengontrol gula darah. Kebiasaan ini juga bisa mengganggu produksi hormon yang berkaitan dengan kontrol gula darah.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kadar Gula Darah Melonjak di Pagi Hari? Ini Pemicu dan Cara Mengatasinya"