06 August 2024

Tips yang Bisa Dilakukan Ortu Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Ilustrasi kecanduan gadget (Foto: Getty Images/iStockphoto/travelism)

Banyak anak-anak yang saat ini tidak bisa melepaskan diri dari gadget mereka. Padahal kecanduan gawai ini bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan pada anak.

Dikutip dari Independent UK, melalui penelitian yang dipublikasikan di Acta Paediatrica dengan menyurvei 657 siswa berusia 16-18 tahun, berhasil ditemukan fakta bahwa remaja yang kecanduan gadget memiliki beberapa gangguan kesehatan.

Sekitar 56 persen remaja dengan problematic smartphone use (PSU) atau kecanduan gadget menunjukkan gejala depresi. Selain itu, 64 persen mengalami gejala insomnia dan 43 persen menunjukkan gejala kecemasan.

Peran orang tua sangat penting untuk bisa menjauhkan anak dari gadget. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan orang tua agar anak tak lagi kecanduan gadget.

1. Orang Tua Harus Memberikan Contoh
Salah satu cara terbaik untuk menjauhkan anak dari gadget adalah dengan pemberian contoh. Orang tua bisa menunjukkan perilaku yang ingin ditiru oleh anak, contohnya adalah dengan membuat aturan waktu 'bebas gadget' di keluarga.

2. Membantu Anak Menemukan Hobi
Orang tua bisa berbicara pada anak terkait apa yang mereka senangi atau apakah mereka ingin memulai sesuatu yang baru. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk menjauhkan anak dari gadget.

Orang tua bisa memulai dengan mengenalkan anak dengan sosok inspiratif untuk menggugah rasa penasaran mereka.

3. Memberikan Batasan
Terkadang orang tua harus bersikap tegas untuk hal-hal yang tidak bisa dinegosiasikan. Salah satunya adalah penggunaan gadget ketika di rumah.

Ahli menyarankan untuk orang tua memberikan aturan pada anak terkait penggunaan ponsel di rumah, seperti adanya batasan waktu dan tidak boleh menyimpan gadget di kamar.

4. Ajak Anak Main Bersama
Bermain gadget mungkin menjadi cara anak untuk mengisi waktunya yang kosong. Hal ini membuat mereka betah seharian bermain ponsel.

Agar mereka tak kecanduan gadget, maka orang tua harus meluangkan waktu untuk anak. Hal-hal sederhana seperti bermain bersama, jalan-jalan di taman, atau piknik bisa menjadi alternatif yang menyenangkan.

5. Jangan Menyerah
Orang tua mungkin berpikir bahwa di era modern saat ini ponsel merupakan salah satu benda yang tidak mungkin bisa lepas dari manusia. Hal ini membuat orang tua merasa tidak ada yang bisa dilakukan terkait itu.

Ahli mengatakan masalah kecanduan gadget ini sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara-cara yang tepat. Orang tua bisa berbicara pada anak terkait gadget dengan mempertimbangkan waktu dan tempat yang tepat.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ortu Wajib Tahu, Ini 5 Tips Simpel Agar Anak Tak Kecanduan Gadget"