20 August 2024

Waspadai Bila Lidah Bewarna Seperti Ini, Bisa Jadi Ada Penyakit di Dalam Tubuh

Ilustrasi lidah. (Foto: Getty Images/iStockphoto/arenacreative)

Lidah merupakan bagian tubuh yang digunakan untuk merasakan makanan maupun berbicara. Lidah juga bisa memberikan tanda yang menunjukkan apakah seseorang sehat atau tidak. Salah satu tanda ini bisa dilihat melalui warna dan bentuk lidah.

Dikutip dari ScienceDirect, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Lidah Stroberi
Lidah bisa mengalami perubahan warna yang signifikan. Salah satunya adalah 'lidah stroberi' saat lidah berubah menjadi merah terang, meradang, dan membengkak.

Kondisi ini dapat mengindikasikan masalah demam skarlet yang disebabkan oleh bakteri streptococcus pyogenes. Penyakit ini sebenarnya sangat menular namun dapat diobati dengan antibiotik.

Selain demam skarlet, lidah stroberi juga dapat mengindikasikan penyakit kawasaki. Ini merupakan gangguan peradangan berpotensi serius yang umumnya dialami oleh anak-anak. Ada baiknya orang tua bisa membawa anak ke fasilitas medis apabila melihat tanda gejala tersebut.

Tidak hanya merah, warna lidah bisa juga berubah putih hingga bahkan hitam. Kondisi sariawan dapat menyebabkan lidah berwarna putih, sedangkan lidah berbulu hitam juga disebut dengan lingua villosa nigra.

Lidah yang berwarna hitam terjadi akibat pemanjangan papila terkait kebiasaan merokok, mulut kering, dan kebersihan mulut yang buruk.

2. Lidah Biru
Dalam beberapa kasus, lidah yang berubah warna biru juga pernah ditemukan. Ini bisa menjadi tanda sianosis sentral, kondisi serius yang menyebabkan perubahan warna kebiruan atau cyan pada mulut, lidah, atau wajah akibat darah kekurangan oksigen atau sirkulasi yang buruk.

Kondisi ini terjadi terjadi pada berbagai pada berbagai kondisi jantung dan paru, serta akibat yang disebabkan oleh ketinggian. Ini adalah keadaan darurat medis.

3. Lidah Berbercak
Kondisi lain yang mungkin dialami adalah ketika bagian papila lidah berubah menjadi bercak-bercak jaringan merah halus. Kondisi ini membuat lidah nampak memiliki gambar 'motif' seperti peta di bagian atas lidah.

Salah satu varian dari kondisi ini juga membuat permukaan lidah nampak seperti mengalami 'retak'.

Bercak-bercak ini bisa muncul dan menghilang, mengubah tampilan lidah. Gejala penyerta yang kadang dialami oleh orang dengan lidah seperti ini meliputi iritasi pada permukaan lidah, atau bahkan munculnya sensasi terbakar.

Beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan lidah bercak meliputi psoriasis, penyakit alergi, asma, dan diabetes.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Warna Lidah Seperti Ini Ternyata Bisa Jadi Tanda Penyakit pada Tubuh"