12 August 2024

WHO: Lebih 40 Atlet Olimpiade Paris Positif COVID-19

Noah Lyles positif COVID-19 saat bertanding di Olimpiade Paris. (Foto: Getty Images/Christian Petersen)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan lebih dari 40 atlet yang berlaga di Olimpiade Paris 2024 positif COVID-19. Beberapa atlet terkenal juga terinfeksi COVID-19 selama berada di kawasan wisma atlet Olimpiade Paris.

Sebut saja perenang asal Inggris Adam Peaty sampai pemenang lari jarak 100 meter dari Amerika Serikat Noah Lyles. Beberapa atlet bahkan tetap bertanding dalam keadaan positif COVID-19.

"COVID-19 masih menghantui kita. Virus ini beredar di semua negara," kata Maria Van Kerkhove, direktur kesiapsiagaan dan pencegahan epidemi dan pandemi WHO dikutip dari CNA.

Van Kerkhove menambahkan para petinggi di Olimpiade Paris 2024 dan WHO telah bekerja sama untuk mencegah penyebaran penyakit di Olimpiade dan langkah-langkah yang tepat telah diambil. Kasus-kasus di Olimpiade menyoroti peredaran virus saat ini, dikaitkan dengan menurunnya vaksinasi terhadap COVID-19.

Terpisah, Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach mengatakan COVID-19 diobati seperti penyakit pernapasan lainnya. Tidak ada pembatasan atau langkah pencegahan yang diambil ketika para atlet terinfeksi virus tersebut.

"Sekarang penyakit ini diperlakukan seperti flu, jadi tidak ada kewajiban untuk melakukan tindakan atau pemberitahuan khusus apa pun," kata Bach.

Penyelenggara Paris 2024 mengingatkan para atlet akan "praktik yang baik" jika mereka mengalami gejala pernafasan, termasuk memakai masker di hadapan orang lain, membatasi kontak, dan mencuci tangan secara teratur.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "WHO Ungkap Lebih 40 Atlet Olimpiade Paris Positif COVID-19"