30 September 2024

Benarkah Sering Naik Motor Tanpa Jaket Bisa Picu Paru-paru Basah?

Motoran tanpa jaket bikin paru-paru basah? (Foto: Getty Images/iStockphoto/sansa55)

'Paru-paru basah' merupakan sebutan awam untuk berbagai keluhan seputar paru-paru, umumnya disertai penumpukan cairan di jaringan tertentu. Salah satunya adalah pneumonia, yakni infeksi disertai peradangan pada paru-paru.

Sebagian orang berpikir penyebab dari pneumonia atau 'paru-paru basah' akibat beberapa aktivitas, seperti sering berkendara motor tanpa jaket, mandi malam di malam hari, terpapar kipas angin maupun AC.

Padahal, menurut spesialis penyakit paru, dr Naindra Kemala Dewi, SpP, dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, aktivitas tersebut bukanlah penyebab langsung dari pneumonia. Adapun penyebab pneumonia atau paru-paru basah karena ada suatu infeksi yang disebabkan oleh patogen, seperti bakteri maupun virus.

"Bakteri ini juga banyak macamnya, ada bakteri baik, bakteri jahat, kuman pun juga banyak. Ada kuman yang termasuk kuman yang sifatnya aerob, anaerob ataupun kuman Mycobacterium tuberculosis atau yang biasa kita sebut sebagai M. TB," imbuhnya dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (27/9/2024).

"Atau juga bisa karena infeksi viral, virus seperti waktu zaman COVID kemarin yang lagi heboh-hebohnya tuh itu juga masuk dalam kondisi pneumonia. Atau bisa diakibatkan oleh jamur. Jadi ada banyak penyebab dari pneumonia itu sendiri," lanjutnya lagi.

dr Naindra menjelaskan, pada sebagian orang yang memiliki riwayat atopi atau alergi, kebiasaan seperti mandi malam atau terkena paparan kipas angin karena udara dingin ataupun debu dari kipas itu sendiri dapat menimbulkan reaksi alergi. Hal inilah yang dapat mencetuskan reaksi alergi seperti batuk.

Lantaran batuk merupakan salah satu gejala pneumonia atau paru-paru basah, sehingga tak sedikit orang yang menganggap mereka terkena pneumonia karena kipas angin.

"Padahal itu awalnya adalah karena stimulus, karena ada alergen atau karena perubahan cuaca tadi karena mandi malam," lanjutnya lagi.

"Menstimulasi, menstimulasi suatu reaksi, reaksi alergi yang terjadi selama pernapasan dengan manifestasi gejalanya mirip seperti pneumonia," lanjutnya lagi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sering Motoran Tanpa Jaket dan Mandi Malam Picu 'Paru-paru Basah'? Ini Faktanya"