03 September 2024

Ilmuwan Temukan Bukti Kalau Bumi Pernah Jadi Bola Salju

Potret Bumi setelah melalui periode 'bola salju'. Foto: dok. NASA.

Selama hampir 60 juta tahun, planet asal kita kemungkinan besar membeku menjadi bola salju raksasa. Kini, para ilmuwan telah menemukan bukti transisi Bumi dari dunia bawah laut tropis yang penuh dengan bakteri fotosintetik menjadi gurun beku.

Semua bukti itu terawetkan dalam lapisan bebatuan raksasa di rangkaian pulau di Skotlandia dan Irlandia. Tim yang dipimpin oleh para peneliti dari University College London (UCL), meneliti lebih dari 2.000 butir zirkon dari 11 sampel batu pasir, yang diambil dari kedalaman hingga 200 meter dalam formasi Port Askaig setebal 1,1 km, dan formasi Garbh Eileach yang lebih tua yang tebalnya 70 meter.

Formasi ini merupakan bagian dari Supergrup Dalradian di Skotlandia dan Irlandia, rangkaian formasi geologi yang membentang dari Donegal di Irlandia di garis timur laut hingga ke bagian tengah Skotlandia. Temuan tersebut tersingkap ke permukaan di tempat-tempat seperti Pulau Garbh Eileach di Skotlandia, tempat para peneliti menemukan bukti.

Butiran zirkon yang diendapkan di lapisan sedimen dapat digunakan untuk menentukan usia lapisan batuan. Saat zirkon terbentuk, ia menolak timbal yang bersarang di dalam strukturnya. Namun, ia selalu mengandung sejumlah uranium, yang akhirnya membusuk menjadi timbal pada tingkat yang konstan dari waktu ke waktu, bahkan jika ia bersarang di dalam zirkon yang tidak menyukai timbal.

Jadi, timah apa pun yang ditemukan dalam zirkon mengindikasikan peluruhan uranium, yang memberikan catatan sangat baik tentang perjalanan waktu.

Teknik ini mengungkap bahwa batuan di formasi Port Askaig dan Garbh Eileach terbentuk antara 720 hingga 662 juta tahun lalu, tepatnya pada rentang waktu ketika Bumi mengalami perubahan iklim drastis di masa glasiasi Sturtian.

Peristiwa ini adalah yang pertama dari dua peristiwa 'pembekuan' global yang mungkin telah memicu kehidupan multiseluler di Bumi. Karenanya, menemukan arsip geologi yang terpelihara dengan baik pada masa ini begitu dekat dengan permukaan, merupakan hal yang cukup mengasyikkan.

"Studi kami memberikan batasan usia konklusif pertama untuk batuan Skotlandia dan Irlandia ini, yang mengonfirmasi signifikansi globalnya," kata Elias Rugen, kandidat PhD ilmu bumi di UCL, dikutip dari Science Alert, Senin (2/9/2024)

Ia menyebutkan, sebelum lapisan atas batuan diendapkan di masa glasiasi Sturtian yang diyakini sebagian orang sebagai peristiwa Bumi Bola Salju, lapisan batuan karbonat yang lebih tua terbentuk di perairan tropis.

"Lapisan-lapisan ini merekam lingkungan laut tropis dengan kehidupan sianobakteri yang berkembang pesat, dan secara bertahap menjadi lebih dingin, menandai berakhirnya sekitar satu miliar tahun iklim sedang di Bumi," katanya.

"Sebagian besar wilayah di dunia tidak mengalami transisi luar biasa ini karena gletser kuno mengikis bebatuan di bawahnya. Namun, di Skotlandia, secara ajaib, transisi ini dapat terlihat," tambahnya.

Batasan usia yang mereka tetapkan untuk batuan ini dapat berarti situs tersebut ditandai sebagai titik awal resmi Periode Kriogenia.

"Batuan ini merekam masa ketika Bumi tertutup es. Semua kehidupan multiseluler yang kompleks, seperti hewan, muncul dari titik beku yang dalam ini, dengan bukti pertama dalam catatan fosil muncul tak lama setelah planet ini mencair," kata ahli geokimia UCL, Graham Shields.

"Mencairnya es akan menjadi bencana besar. Kehidupan telah terbiasa dengan suhu beku yang sangat dingin selama puluhan juta tahun. Begitu Bumi menghangat, semua kehidupan harus bersaing dalam perlombaan untuk beradaptasi. Apa pun yang bertahan hidup adalah nenek moyang semua hewan," kata Shields.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Bukti Baru Bumi Pernah Jadi Planet Bola Salju"