29 September 2024

Kisah Awal Anak 14 Tahun Lakukan Cuci Darah Akibat Gagal Ginjal

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/AgFang

Gagal ginjal adalah suatu kondisi penurunan fungsi ginjal dalam menyaring limbah sisa metabolisme tubuh dari dalam darah. Nantinya, limbah ini akan dikeluarkan melalui urine.

Kondisi gagal ginjal dapat dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Salah satunya dialami oleh Lilly, anak berusia 14 tahun di Yeovil, Somerset, Inggris.

Lilly didiagnosis dengan gagal ginjal stadium akhir. Ia pun harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

Ayahnya, Christopher, mengatakan kondisi yang dialami anaknya berawal dari gejala flu. Putrinya mengalami masa-masa yang menyakitkan itu selama tiga bulan.

Ia kemudian dipindahkan ke unit perawatan intensif anak (PICU) di Rumah Sakit Anak Bristol. Akibat kondisinya itu, Lilly sempat koma selama tiga hari pada bulan Juni 2024.

Setelah itu, Lilly rutin menjalani dialisis atau cuci darah untuk mencegah kondisinya semakin memburuk.

"Ia kini hidup dengan kondisi tersebut dan menjalani dialisis beberapa kali seminggu," tulis BBC.

Namun, dokter mengatakan bahwa anak itu membutuhkan transplantasi ginjal. Kini, Lilly ingin membantu orang lain yang mengalami kondisi yang sama dengannya.

"Saya ingin memastikan anak-anak seperti saya, dan orang lain yang saya kenal sedang menjalani dialisis, agar tidak merasa sendirian,"

Konsultan Lilly, Profesor Richard Coward, menggarisbawahi keseriusan kondisinya. Ia menambahkan bahwa sungguh mengesankan betapa Lilly bersemangat untuk membuat perubahan.

Menurutnya, Lilly adalah pasien yang luar biasa. Ia datang dengan kondisi gagal ginjal stadium akhir dan dapat pulih dengan cepat.

Profesor Coward menambahkan Lilly akan menjadi pendukung penelitian lebih lanjut tentang pengobatan dan terapi.

Dikutip dari Cleveland Clinic, banyak orang yang mengalami sedikit bahkan tidak ada gejala sama sekali pada tahap awal penyakit ginjal. Namun, gagal ginjal tetap dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Beberapa gejala yang mungkin muncul, seperti:
  • Kelelahan ekstrem (fatigue).
  • Mual dan muntah.
  • Kebingungan atau kesulitan berkonsentrasi.
  • Pembengkakan (edema), terutama di sekitar tangan, pergelangan kaki, atau wajah.
  • Lebih sering buang air kecil.
  • Kram (kejang otot).
  • Kulit kering atau gatal.
  • Nafsu makan buruk atau makanan terasa seperti logam.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cerita Bocah 14 Tahun Cuci Darah gegara Gagal Ginjal, Gejala Awalnya Mirip Flu"