14 September 2024

Momen Bersejarah: Dua Astronot Sipil Lakukan Spacewalk di Antariksa

Jared Isaacman (istimewa)

Dua astronot sipil, yaitu seorang pengusaha kaya raya dan seorang engineer, menyelesaikan spacewalk atau kegiatan di luar kendaraan angkasa pribadi pertama di dunia di orbit Bumi. Mereka keluar dari kapsul SpaceX dan melakukan spacewalk yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi astronot dari program antariksa nasional.

Seperti dikutip detikINET dari Reuters, para astronot dalam misi bernama Polaris Dawn ini pergi satu per satu, masing-masing menghabiskan sekitar 10 menit di luar kapsul Crew Dragon dengan tali.

Jared Isaacman, pilot dan pendiri perusahaan pembayaran elektronik Shift4 keluar terlebih dahulu, diikuti engineer SpaceX Sarah Gillis, sementara kru Scott Poteet dan Anna Menon menyaksikan dari dalam. Jared saat ini kekayaannya diestimasi USD 1,9 miliar atau lebih dari Rp 29 triliun.

Seluruh proses, yang terjadi sekitar 730 km di atas Bumi, berlangsung selama satu jam 46 menit. Keempat astronot mengorbit Bumi sejak peluncuran hari Selasa dari Florida.

"Di rumah, kita semua mempunyai banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Tapi dari sini, Bumi benar-benar tampak seperti dunia yang sempurna," kata Isaacman setelah keluar dari pesawat ruang angkasa, dengan siluet planet setengah terang yang berkilauan di bawahnya.

Jared Isaacman, kedua dari kanan. Foto: SpaceX

Itu adalah salah satu misi paling berisiko bagi SpaceX, satu-satunya perusahaan swasta yang mampu secara rutin mengirim orang ke dan dari orbit Bumi. Para astronot ini mengandalkan pakaian antariksa SpaceX untuk oksigen, yang disediakan melalui koneksi ke Crew Dragon.

Isaacman dan Gillis keluar dari pintu palka Crew Dragon ke luar angkasa untuk menguji berbagai gerakan tubuh dalam pakaian itu. Mereka mampu menggerakkan lengan tapi kesulitan menggerakkan bagian pinggang, punggung, dan leher.

Administrator NASA Bill Nelson, yang lembaganya membantu mendanai pengembangan Crew Dragon sejak sekitar satu dekade lalu, memuji pencapaian itu. "Keberhasilan hari ini merupakan lompatan besar bagi industri luar angkasa komersial dan tujuan jangka panjang @NASA untuk membangun ekonomi luar angkasa AS yang dinamis," tulis Nelson.

Isaacman menolak mengungkap berapa banyak yang ia bayar, tapi misinya kemungkinan menelan biaya ratusan juta dolar. Adapun Gillis mulai bekerja di SpaceX sebagai pegawai magang pada tahun 2015.

Hanya astronot pemerintah dengan pelatihan beberapa tahun yang pernah melakukan spacewalk di masa lalu. Ada sekitar 270 perjalanan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sejak didirikan tahun 2000, dan 16 kali oleh astronot China di stasiun luar angkasa Tiangong. Kru Polaris sendiri menghabiskan 2,5 tahun berlatih sebelum akhirnya melakukan Spacewalk ini.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Momen Bersejarah Manusia Rp 29 Triliun Spacewalk di Antariksa"