28 September 2024

Orang dengan Kondisi Tertentu Sebaiknya Hindari Konsumsi Air Kelapa

Ilustrasi air kelapa (Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital)

Air kelapa biasanya dikonsumsi saat kondisi cuaca sedang panas. Selain segar, minuman ini juga memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh.

Dikutip WebMD, air kelapa mengandung elektrolit penting yang membantu tubuh tetap terhidrasi. Beberapa elektrolit yang ditemukan dalam air kelapa, seperti kalium, sodium, kalsium, dan magnesium, menjadikannya pilihan populer untuk mengatasi dehidrasi.

Meski begitu, orang dengan kondisi tertentu sebaiknya menghindari konsumsi air kelapa. Hal ini dikarenakan air kelapa bisa memperburuk kondisi tubuh seseorang dengan riwaat penyakit berikut:

1. Orang dengan kondisi fibrosis kistik
Fibrosis kistik dapat menurunkan kadar garam dalam tubuh. Beberapa orang dengan fibrosis kistik perlu minum cairan atau pil untuk meningkatkan kadar garam (natrium).

Air kelapa tidak mengandung cukup garam untuk meningkatkan kadar garam pada orang dengan fibrosis kistik. Selain itu, air kelapa juga mengandung terlalu banyak kalium. Jangan minum air kelapa sebagai cara untuk meningkatkan kadar garam jika seseorang memiliki fibrosis kistik.

2. Orang dengan gangguan ginjal
Air kelapa mengandung kadar kalium tinggi. Biasanya, kalium dikeluarkan melalui urine jika kadarnya dalam darah terlalu tinggi. Namun, hal ini tidak terjadi jika ginjal tidak berfungsi dengan normal. Apabila memiliki masalah ginjal, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi air kelapa.

3. Orang dengan gangguan pencernaan
Dikutip dari Vinmec, air kelapa merupakan pencahar alami sehingga tak cocok untuk sebagian orang yang memiliki masalah dengan buang air besar. Selain itu, orang dengan sindrom iritasi usus besar atau Irritable Bowel Syndrome (IBS) perlu berhati-hati untuk mengonsumsi minuman ini.

4. Orang dengan alergi
Air kelapa dapat menimbulkan reaksi alergi pada orang-orang tertentu yang alergi terhadap buah kelapa atau kacang-kacangan tertentu. Jika alergi tidak terkontrol dengan baik sejak awal, alergi tersebut dapat dengan cepat menjadi serius dan mengancam jiwa.

5. Orang dengan diabetes
Meski bukan minuman manis, air kelapa tetap mengandung karbohidrat dan kalori. Orang dengan gula darah tinggi atau pengidap diabetes sebaiknya tidak minum lebih dari 1 gelas air kelapa per hari. Jika terlalu banyak minum air kelapa, gula darah akan sulit terkontrol. Selain itu, mengonsumsi kelapa hijau muda lebih baik bagi pengidap diabetes daripada kelapa yang sudah matang.

6. Orang dengan darah tinggi atau hipertensi
Air kelapa juga dapat menurunkan tekanan darah. Jika sedang mengonsumsi obat untuk tekanan darah tinggi, minum banyak air kelapa dapat menyebabkan tekanan darah semakin turun. Oleh karena itu, sebaiknya pengidap hipertensi berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi air kelapa.

7. Orang yang akan menjalani operasi
Air kelapa dapat mengganggu tekanan darah dan kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Hentikan penggunaan air kelapa setidaknya dua minggu sebelum operasi yang dijadwalkan.

































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Orang dengan Kondisi Ini Sebaiknya Menghindari Minum Air Kelapa"