02 September 2024

RSCM Sukses Lakukan Operasi Telerobotik Angkat Kista di Ginjal

Operasi telerobotik RSCM (Foto: Devandra Abi Prasetyo/detikcom)

Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) sukses melakukan operasi telerobotik untuk prosedur pengangkatan kista di ginjal. Operasi 'jarak jauh' dengan robot ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

Operasi ini dilakukan oleh Ketua Tim Telerobotik, dr Ponco Birowo, SpU(K-Andro) dari Rumah Sakit I.G.N.G Ngoerah Bali. Pasien yang dioperasi berada di RSCM, Jakarta Pusat.

Direktur Utama RSCM, dr Supriyanto, SpB, FINACS, M.Kes mengatakan operasi telerobotik ini memiliki keunggulan dibanding tindakan bedah konvensional.

"Tadi saya sampaikan, (operasi telerobotik) minimal sayatan dan kemudian presisi," ujar dr Supriyanto di RSCM, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2024).

Selain itu, dr Supriyanto berharap dengan kemajuan teknologi di bidang kedokteran ini mampu menekan jumlah pasien yang memilih berobat ke luar negeri. Menurut dr Supriyanto, inovasi ini dapat diterapkan untuk berbagai kondisi kesehatan lainnya.

"Banyak, bisa urologi, bisa digestif jadi operasi-operasi di dalam perut itu. Bisa ginekologi obstetri, banyak," kata dr Supriyanto.

Saat ini, alat untuk melakukan operasi telerobotik baru tersedia di RSCM. Namun demikian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjanjikan jumlahnya akan ditambah.

"Aku udah janji mau ngasih 4 (robot). Satu di RSCM, satu di RS Hasan Sadikin (Bandung), satu di Ngoerah (Bali), keempat RSUD Margono (Purwokerto)," kata Menkes Budi.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pertama di Asia Tenggara, RSCM Lakukan Operasi Telerobotik Angkat Kista Ginjal"